Ladies Sering Ingin Menangis Tanpa Sebab ? Waspada Alami Ini

Ladies Sering Ingin Menangis Tanpa Sebab ? Waspada Alami Ini

17 Juli 2019
Ilustrasi

Ilustrasi

RIAU1.COM - Memang terlihat sedikit aneh jika seseorang bisa berubah mood dengan begitu cepat atau bahkan bisa tiba-tiba menangis tanpa sebab. Ada yang menebak itu adalah bipolar, ada juga yang menyebut itu sebagai hypophrenia.

Seperti dikutip dari akun instagram @selalusehat.id, Rabu (17/7/2019), Rena Masri M.Psi. menjelaskan pertanyaan ini mesti ditelaah lebih mendalam.



"Enggak bisa juga kita bilang orang yang menangis tanpa sebab itu sebagai penderita hypophrenia. Kalau pengidap bipolar, mood orang tersebut swing. Saat ini dalam keadaan sedih, dalam hitungan menit tiba-tiba dia bisa ketawa," ujarnya.

Diungkapkan psikolog Rena Masri bahwa hypophrenia merupakan gangguan yang membuat seseorang bisa sedih atau menangis secara tiba tiba. Penyebabnya juga bermacam-macam, entah itu trauma yang tidak terselesaikan, masih mengalami perasaan kehilangan, dan lain sebagainya.



Hypophrenia bisa dipicu perasaan kehilangan yang sangat mendalam, traumatis dan rasa sedih mendalam ini bisa muncul mendadak. Keterkaitan masa lalu yang pahit atau pengalaman buruk tak terlupakan, bisa jadi pemicunya.