Konsumsi 5 Jenis Makanan ini untuk Cegah Leukemia

Konsumsi 5 Jenis Makanan ini untuk Cegah Leukemia

2 Juni 2019
Ilustrasi

Ilustrasi

RIAU1.COM - Penyakit kanker darah jenis leukemia menjadi penyebab meninggalnya Kristiani Herawati atau Ani Yudhoyono, istri dari Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang sempat dirawat beberapa bulan di National University Hospital, Singapura.

Penyakit kanker ini memang menakutkan. Tapi, ada beberapa makanan tertentu yang disarankan untuk mencegah penyakit serupa. Dilansir Tempo.co, berikut adalah lima jenis makanan di antaranya:

1. Makanan mengandung protein


Sangat penting bagi pasien kanker darah untuk mendapatkan asupan protein. Cobalah memasak ikan atau ayam tanpa banyak bumbu. Jika vegetarian, makanan berprotein yang baik untuk dikonsumsi termasuk kacang-kacangan dan biji-bijian, produk kedelai seperti tahu atau susu kedelai, gandum atau sereal gandum, dan telur.

2. Makan sayuran yang dikukus

Sayuran yang diolah atau dimasak dengan cara dikukus nilai gizinya masih tinggi. Pasien kanker darah dapat mencoba hidangan tumis sayuran yang terdiri dari wortel, jamur, paprika dan brokoli; hidangan salad sayuran dengan tambahan kacang polong manis, kembang kol, dan zucchini; hidangan kentang panggang dengan brokoli atau tomat. Bisa juga dengan membuat sup sayuran dari sawi, kale, bayam dan lobak, dengan sedikit garam untuk rasa.

3. Makanan mengandung bakteri sehat

Loading...

Ada makanan tertentu yang mengandung banyak bakteri sehat yang membantu mencerna dan memproses makanan dengan lebih baik. Kefir dan yoghurt termasuk makanan yang membantu dalam meningkatkan jumlah bakteri sehat di perut. Selain itu, jenis sereal tertentu juga dapat meningkatkan bakteri sehat dalam tubuh.

4. Makan buah setiap hari

Buah mengandung banyak nutrisi yang membantu memperbaiki jaringan tubuh, termasuk phytochemical, antioksidan, vitamin, dan mineral. Konsumsi banyak buah beri, peach, blueberry, apel panggang dengan kayu manis dan berbagai kombinasi untuk smoothie buah dengan yoghurt. Jika ingin camilan, bisa memakan pisang atau apel.

5. Banyak konsumsi gandum

Pasien kanker darah memerlukan banyak nutrisi. Mengonsumsi sereal gandum utuh, beras merah, quinoa (sejenis serealia) dan roti gandum utuh dapat memenuhi kebutuhan tersebut.