Pemko Dumai Akan Gelar Festival Mancing, Panitia Siapkan Hadiah Menarik

Pemko Dumai Akan Gelar Festival Mancing, Panitia Siapkan Hadiah Menarik

1 Oktober 2022
Festival Mancing Kota Dumai tahun 2019 lalu

Festival Mancing Kota Dumai tahun 2019 lalu

RIAU1.COM - Pemerintah Kota Dumai melalui Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Diskopar) menggelar Festival Mancing Kota Dumai Tahun 2022.

Hal ini disampaikan Kepala Diskopar Kota Dumai, R. Dona Fitri Illahi, SKM, M.Si yang diwakili oleh Kabid Pariwisata Diskopar Anggi Sukma Buana, S.STP, M.IP saat ditemui Tim Peliput Kominfo Dumai diruang kerjanya, Jumat (30/9/2022).

Diawal, Anggi menjelaskan, ajang tahunan ini sebelumnya dikenal masyarakat dengan nama Lomba Mancing Kota Dumai. Namun pada Tahun 2022 ini tajuk lomba mancing ini diganti menjadi Festival Mancing Kota Dumai.

"Dua tahun ajang ini sempat ditiadakan karena Covid-19. Namun melihat situasi pandemi di Kota Dumai melandai, alhamdulillah Pemko Dumai kini kembali menggelar perhelatan akbar yaitu Festival Mancing Kota Dumai yang pastinya telah lama dinanti para angler (pemancing) dan animo masyarakat," tuturnya.

Menurutnya, festival mancing ini merupakan bagian dari pengembangan sport tourism di Kota Dumai. Laut Dumai yang berada di selat antara pesisir Kota Dumai dan Pulau Rupat ini dikenal sebagai spot pancing ikan dikalangan masyarakat tempatan.

"Kota Dumai memiliki garis pantai yang panjang. Tentunya, potensi baharinya memiliki daya saing. Helat Festival Mancing Kota Dumai 2022 ini adalah upaya Pemko Dumai untuk meningkatkan minat wisatawan domestik maupun mancanegara, utamanya para angler," kata Anggi.

Jika tiada halangan, festival mancing bakal dilangsungkan di Pantai Marina (Puak) Kelurahan Teluk Makmur, Kecamatan Medang Kampai, pada hari Ahad, 30 Oktober 2022 mendatang.

"Lokasinya pun kita cari suasana baru yaitu di Pantai Puak. Dalam hal teknis penyelenggaraan festival mancing ini, kami melibatkan masyarakat setempat melalui LPMK dan Karang Taruna Kelurahan Teluk Makmur, dengan harapan bisa membangkitan pariwisata di daerah tersebut," imbuhnya.

Terkait pendaftaran, Anggi mengatakan bahwa peserta dapat melakukannya di Toko Sumber Pancing Jl. Prof. M. Yamin (Budi Kemuliaan), Toko Pancing Galaxy Jl. Pangeran Diponegoro (Sukajadi), Toko Dunia Pancing Jl. Sultan Syarif Kasim, dan Pondok Ojolali di Jl. Soebrantas (Batu Panjang - Pulau Rupat dari rentang waktu pendaftaran 1 Oktober sampai dengan 27 Oktober.

Peserta juga dapat mendaftar di Posko Panitia Festival Mancing Kota Dumai di Jl. Masjid Kelurahan Teluk Makmur dan mendaftar secara online dengan menghubungi panitia di nomor 085272334644 (Epi) / 085263008242 (Rahmad).

Loading...

"Cara daftar simple, sobat angler cukup mengisi formulir pendaftaran, melampirkan fotocopy KTP, dan membayar uang pendaftaran 100 ribu / orang. Setelah mendaftar, nanti panita akan memberikan kupon. Kupon ini wajib ada dan jangan sampai hilang ketika diperiksa panitia saat hari-H. Jika hilang peserta dianggap gugur," ucap Anggi.

Selain itu, untuk menentukan pemenang dalam helat ini, Anggi mengatakan ada dua kategori perlombaan yaitu Kategori Perorangan dan Kategori Khusus.

"Untuk pemenang kategori perorangan, hasil pancing terberat untuk satu ekor ikan yang didapat oleh seorang peserta sewaktu perlombaan kecuali ikan hiu cicak, ikan paus, ikan lumba-lumba, ikan laki sembilang, ikan buntal dan ikan kerapu. Sedangkan pemenang kategori khusus yaitu ikan bersisik timbangan terberat dari seorang peserta lomba," imbuhnya.

Hadiah yang ditawarkan pun tidak main-main. Untuk pemenang kategori khusus dan pemenang I kategori perorangan mendapatkan satu unit motor matic.

"Belum lagi uang tunai dan hadiah-hadiah lainnya seperti TV, Kulkas, mesin cuci, smartphone dan joran beserta katrol pancing untuk pemenang perorangan akan ditentukan juara I, II, III, harapan I, II, dan III. Bahkan Semua sudah tertera di flyer dan infografis yang telah kami share di sosial media," sebutnya.

Terakhir, ia mengajak kepada segenap masyarakat Kota Dumai khususnya para angler untuk dapat berpartisipasi, meramaikan, dan menyukseskan Festival Mancing Kota Dumai Tahun 2022.