Wisuda Mahasiswa Poltek KP Dumai, Ini Penerima Penghargaan Adhi Karya Taruna

Wisuda Mahasiswa Poltek KP Dumai, Ini Penerima Penghargaan Adhi Karya Taruna

2 September 2022
Saat proses wisuda

Saat proses wisuda

RIAU1.COM - Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Dumai, H. Indra Gunawan, menghadiri Sidang Senat Terbuka Politeknik Kelautan dan Perikanan Dumai, Rabu (31/8/2022).

Acara yang dipusatkan di Ballroom Hotel The Zuri Dumai, turut dihadiri oleh Pelaksana Tugas (Plt) Inspektur Jenderal Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia (KKP RI), Ir. Teuku Nilwan, M.M.

Sebanyak 62 taruna taruni disematkan sebagai ahli madya teknik dan ahli madya perikanan pada Wisuda Diploma III Angkatan III Politeknik Kelautan dan Perikanan Dumai Tahun Akademik 2021/2022.

Adapun rincian yang di wisuda pada kesempatan ini, terdiri dari 17 taruna Program Studi Perikanan Tangkap, 19 taruna Program Studi Permesinan Kapal, 10 taruna dan 16 taruni Program Studi Pengolahan Hasil Laut.

Acara prosesi wisuda secara keseluruhan berlangsung dengan lancar dan khidmat.

Berbagai penampilan dari taruna taruni Poltek KP Dumai pun turut mewarnai rangkaian acara tersebut, seperti silat, Tari Persembahan Melayu, Penampilan Tari Kreasi "Wonderland Indonesia", Persembahan Lagu bertajuk "Ojo Dibandingke", dan Puisi oleh Dosen Poltek KP Dumai.

Pengukuhan Wisudawan ditandai dengan pembacaan teks pengukuhan oleh Plt. Inspektur Jenderal KKP RI. Secara simbolis, Ia juga melakukan pemindahan tali toga, penyerahan sertifikat Adhi Widya, dan Surat Pendamping Ijazah kepada 3 orang wisudawan terbaik.

Sekdako Dumai, H. Indra Gunawan, dalam kesempatan ini merasa bangga menyaksikan acara pelepasan wisudawan Politeknik Kelautan dan Perikanan Dumai.

"Selaku Pemerintah Kota Dumai, kami mengucapkan tahniah kepada para wisudawan dan wisudawati atas keberhasilannya menyelesaikan studi di Politeknik KKP Dumai," ucapnya.

Ia berharap, para lulusan bisa berkarya di wilayah profesional yang mereka minati, atau menimba ilmu yang lebih tinggi lagi.

"Perlu diingat, wisuda hari ini bukan akhir dari perjuangan, tetapi justru menjadikan langkah awal perjuangan dalam menghadapi pencarian realitas hidup yang sebenarnya, dan membuktikan dirinya sebagai seorang sarjana yang berkemampuan sehingga bisa mengaplikasikan ilmunya untuk kepentingan pribadi, keluarga dan masyarakat," tuturnya.

Sementara itu Direktur Politeknik Kelautan dan Perikanan Dumai, Dr. Yaser Krisnafi, S.St.Pi, M.T dalam laporannya menyampaikan komitmen Poltek KP Dumai dan membacakan nama mahasiswa lulusan terbaik masing-masing bidang studi atas nama Syahrial Hamdani Program Studi Perikanan Tangkap, Alfakhri Program Studi Permesinan Kapal, dan Kathy Hanna Romian Sitorus Program Studi Pengolahan Hasil Laut.

Untuk Penghargaan Adhi Karya Taruna, diraih oleh dua orang wisudawan, yakni Hermanda Saputra Program Studi Permesinan Kapal, dan Iin Rezkina Harahap Program Studi Pengolahan Hasil Laut.

Tidak lupa ia berpesan kepada para wisudawan dan wisudawati agar menjadi lulusan yang banyak memberikan manfaat bagi kehidupan orang lain dengan karya-karya nyata, kreatif, dan inovatif untuk kemajuan diri serta agama, bangsa, dan negara.

"Jagalah semangat kebersamaan  jiwa korsa alumni, dan menjaga nama baik Politeknik KP Dumai sebagai semangat kebersamaanmu membangun sektor kelautan dan perikanan untuk kesejahteraan bersama dan untuk Indonesia semakin jaya," pungkasnya.*