//riau1.com/

#dumai

Cegah PMK, Pintu Masuk Dumai Diawasi Khusus Satpol PP hingga BPBD

R1/wira


Ilustrasi/Net Ilustrasi/Net

RIAU1.COM - Meskipun petunjuk teknis (Juknis) pencegahan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak belum ditetapkan, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Dumai meminta kepada instansi terkait tetap melakukan pengawasan di pintu masuk Dumai, baik dijalur darat maupun dijalur laut. 

Baca Juga: Program Dumai Berkhidmat Diyakini Wako Paisal akan Terwujud

Hal ini dikatakan Sekda saat memimpin Rapat Pembentukan Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Penyakit Mulut dan Kuku Pada Hewan Ternak Tahun 2022 di Ruang Wan Dahlan Ibrahim, Rabu (29/6). 

"Jadi, saya minta Dinas Peternakan, Dinas Perhubungan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan instansi terkait lainnya, tetap melakukan pengawasan di lapangan sesuai tugas masing-masing," sebutnya. 

Walaupun Kota Dumai masih terbebas PMK. "Namun kita gak boleh lengah, karena kalau sudah terjangkit satu hewan akan menyebar ke hewan-hewan ternak lainnya yang ada di daerah kita, tapi mudah-mudahan itu tidak terjadi,"ujarnya.

Baca Juga: Semangat Pemko Dumai Wujudkan Vaksinasi 100 Persen di Riau

Untuk itu, pencegahan dengan cara biosekuriti perlu dilakukan yakni  membatasi gerakan hewan, pengawasan lalu lintas dan pelaksanaan surveilans, laksanakan vaksinasi dan cepat lakukan cara pencegahan lainnya yang patut dan terarah.*
 





Loading...
loading...