//riau1.com/

#dumai

Ditangkap Warga, Buaya di Dumai Mati

R1/wira


Buaya mati usai ditangkap warga Buaya mati usai ditangkap warga

RIAU1.COM - Usai ditangkap warga, seekor buaya sepanjang 3,2 meter di Dumai, Riau mati. Buaya itu ditangkap karena kerap mengejar ternak warga.

Baca Juga: Wali Kota Dumai Beri Amanah pada Pejabat Baru, Administrator hingga Pengawas

Plt Kepala Balai BKSDA Riau, Fifin Arfiana mengatakan laporan konflik satwa buaya diterima 21 Februari lalu. Tim Resort Balai BKSDA Riau yang merima laporan warga langsung ke lokasi.

"Laporan kegiatan penanganan satwa buaya ini kami terima 21 Januari kemarin. Lokasinya di Kelurahan Batu Teritip, Kota Dumai," terang Fifin kepada wartawan di Pekanbaru, Kamis (24/2/2022).

Dari laporan itu tim langsung menuju ke lokasi yang berjarak sekitar 3 jam lewat perjalanan darat. Setelah itu tim kembali melanjutkan perjalanan pakai pompong sekitar 1 jam.

"Sesampai di lokasi tim didampingi tokoh masyarakat setempat menuju ke lokasi buaya. Saat tim sampai disana kondisi buaya terikat," kata Fifin.

Hasil identifikasi, buaya diketahui berjenis buaya katak jantan. Panjang buaya antara 3-3,2 meter.

"Menurut warga saat air pasang buaya masuk ke parit pemukiman masyarakat dan beberapa kali mengejar ternak warga. Kemudian masyarakat menangkap buaya tersebut dengan maksud mau dipindahkan ke sungai yang lebih jauh," kata Fifin.

Mengingat terlalu lama diikat dan kepanasan buaya tersebut akhirnya mati. Esok harinya tim minta bantuan warga untuk melakukan penguburan.

Setelah dikuburkan, tim melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk selalu berhati-hati ketika melakukan aktifitas. Sebab, Sungai Senepis merupakan habitatnya buaya.

"Pada pertengahan Juli 2021 tak jauh dari lokasi juga terjadi korban di terkam buaya. 

Baca Juga: Pemko Dumai Kuliahkan 15 Orang di PCR, Beasiswa Sampai Tamat

Di beberapa titik sudah dilakukan pemasangan banner pemberitahuan lokasi rawan buaya," sebut dia.*





Loading...
loading...