//riau1.com/

#dumai

Penerapan Dukcapil Go-Digital di Dumai, Operator Kelurahan dan Kecamatan Ikuti Bimtek

R1/wira


Saat pembukaan Bimtek (Foto:Dumaikota.go.id) Saat pembukaan Bimtek (Foto:Dumaikota.go.id)

RIAU1.COM - Asisten III Bidang Administasi Umum Setdako Dumai Muhammad Syafie menghadiri Sosialisasi dan Bimbingan Teknis (Bimtek) penerapan Pendudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Go-Digital Selasa (16/11).

Baca Juga: Wali Kota Dumai Beri Amanah pada Pejabat Baru, Administrator hingga Pengawas

Kegiatan yang diikuti oleh Operator Kelurahan dan Kecamatan tersebut, merupakan layanan yang mempermudah masyarakat untuk bisa mengurus keperluan layanan kependudukan seperti akta kelahiran, tanpa harus datang ke kantor Dukcapil. Cukup mengisi formulir online, dan data kependudukan yang diperlukan pun bisa di-print out sendiri aktanya oleh penduduk dari rumah.

Sementara untuk tanda tangannya disini telah menggunakan tanda tangan digital untuk mengurus data administrasi kependudukan (Adminduk). Dengan Dukcapil Go-Digital, bukan hanya layanan Adminduk yang bertambah baik, namun akan terbangun budaya Birokrasi yang baru dan tata kelola Pemerintahan yang lebih berkualitas. 

Muhammad Syafie mengapresiasi Disdukcapil Kota Dumai karena layanan tersebut merupakan terobosan yang menggunakan teknologi dalam pelayanan Publik.

"Bagaimana ini bisa di sosialisasikan kepada masyarakat kita, kegiatan ini diharapkan dapat memberikan penjelasan dan materi kepada seluruh operator Kelurahan dan Kecamatan sehingga program ini dapat dijalankan secara bertahap nantinya. Terobosan ini juga butuh pemahaman lebih lanjut,"ujarnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pendudukan dan Catatan Sipil Kota Dumai Suwardi pada kesempatan tersebut menyampaikan bahwa pihaknya berkomitmen dalam peningkatan pelayanan publik dan pelayanan administrasi secara daring.

Baca Juga: Pemko Dumai Kuliahkan 15 Orang di PCR, Beasiswa Sampai Tamat

"Dalam pemanfaatan teknologi ini untuk mempermudah masyarakat dalam kepengurusan Catatan Sipil dengan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik. Program dari Kementrian Dalam Negeri ini nantinya kita harapkan akan diimplementasikan di Kota Dumai juga," papar dia.*





Loading...
loading...