Kualitas Keberagamaan Diminta Kemenag Riau Diselamatkan

Kualitas Keberagamaan Diminta Kemenag Riau Diselamatkan

28 September 2021
Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Riau Dr H Mahyudin

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Riau Dr H Mahyudin

RIAU1.COM - Pemuka masyarakat hingga punyuluh agama se Provinsi Riau diharapkan untuk menyelamatkan kualitas keberagamaan umat dari paham, aliran dan gerakan keagamaan yang bermasalah.

Pernyaatan tersebut disampaikan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Riau Dr H Mahyudin MA saat menjadi Narasumber dalam acara Temu Konsultasi Identifikasi Paham dan Aliran Keagamaan di Kota Dumai.

“Melalui acara temu Konsultasi ini, kami berharap dan mengajak tokoh agama agar dapat membantu tugas- tugas Kementerian Agama dalam mengindetifikasi aliran- aliran kegamaan bermasalah yang dapat memicu konflik,” ujarnya.

Kemudian Kanwil Kemenag Riau juga meminta, dukungan tokoh agama Kota Dumai untuk bersinergi dalam meredam gerakan- gerakan keagamaan yang bermasalah.

Sementara itu,Kepala Bidang Urusan Agama Islam Kabid Kanwil Kemenag Riau H Agustiar S Ag menambahkan, salah satu peran Kanwil Kemenag Riau disektor keagamaan adalah melakukukan identifikasi dan deteksi dini terhadap potensi konfrlik akibat kemunculan paham, aliran dan gerakan keagamaan yang bermasalah.

“Setelah kegiatan ini kita lakukan, harapan kita para peserta dapat menyampaikan informasi yang berhubungan dengan keagamaan, khususnya faham radikal. Masyarakat perlu diberikan edukasi yang jelas, sehingga secara dini mereka dapat menghindari paham- paham yang dapat memecah belah umat,” tutur Agustiar.*