Abrasi Tiga Pulau Terluar di Riau Diakui Pemprov Memprihatinkan

Abrasi Tiga Pulau Terluar di Riau Diakui Pemprov Memprihatinkan

24 September 2021
Saat menanam mangrove

Saat menanam mangrove

RIAU1.COM - Wakil Gubernur Riau (Wagubri) Edy Natar Nasution mengaku senang atas semangat masyarakat Kelurahan Basilam Baru, Kecamatan Sungai Sembilan, Kota Dumai, yang ikut menanam mangrove yang merupakan program Pemulihan Ekonomi Nasional.

"Saya sangat senang sekali melihat semangat ibuk-ibuk disini, karena mulai dari awal saya datang mereka sudah ada di pantai untuk menanam mangrove bersama-sama," ujarnya saat melakukan penanaman mangrove di Kelurahan Basilam Baru, Kecamatan Sungai Sembilan, Kota Dumai.

Wagubri menjelaskan, program penanaman mangrove sangatlah baik karena abrasi dari hasil peninjauannya ke beberapa daerah seperti pulau rangsang pesisir, Bengkalis dan di Dumai sangat memperihatinkan.

"Pantai kita yang terabrasi banyak, terutama 3 pulau terluar diantaranya pulau Rangsang, Bengkalis dan pulau Rupat termasuk yang ada di Dumai ini dan daerah pesisir lainnya," jelasnya.

Di sisi lain, Wagubri menyampaikan bahwa keterlibatan ibu-ibu dan masyarakat sekitar dalam menjalankan program pemulihan ekonomi nasional mangrove sangat efektif karena akan membantu perekonomian masyarakat.

"Keterlibatan ibuk-ibuk ini jauh dirasa lebih efektif baik dari segi keterlibatannya sendiri maupun manfaat ekonomi yang dirasakan," pungkasnya.*