Sambangi Kota Dumai, Kapal Rumah Sakit KRI Semarang-584 Isi Oksigen 72 Kubik Sehari

Sambangi Kota Dumai, Kapal Rumah Sakit KRI Semarang-584 Isi Oksigen 72 Kubik Sehari

20 Agustus 2021
Kapal Rumah Sakit KRI Semarang-584 TNI AL di Kota Dumai.

Kapal Rumah Sakit KRI Semarang-584 TNI AL di Kota Dumai.

RIAU1.COM - Pengisian oksigen di Riau dilakukan Kapal Rumah Sakit KRI Semarang-584 TNI AL, di Kota Dumai.  

KRI Semarang-584 tersebut mengisi oksigen, generator oksigen sebanyak 72 meter kubik per hari, atau 12 tabung oksigen ukuran 6 meter kubik, untuk diberikan gratis kepada Rumah Sakit atau faskes, klinik dan masyarakat yang membutuhkan. 

Panglima Komando Armada Laksamana Muda TNI, Arsyad Abdullah, S.E, M.A.P mengatakan, pada operasi ini TNI AL bertugas membantu menghadapi bencana- bencana nonalam, seperti pandemi COVID-19. 

"Kita ikut mendukung pemerintah melaksanakan kegiatan kemanusiaan. Mengingat tingginya penyebaran Covid-19, sehingga kelangkaan oksigen di beberapa daerah cukup tinggi," kata Panglima Komando Armada Laksamana Muda TNI, Arsyad Abdullah, Jumat 20 Agustus 2021.

Dia menjelaskan, Kepala Staf TNI Angkatan Laut, memerintahkan dia selaku Panglima Komando Armada 1, untuk menggerakan Kapal Rumah Sakit KRI Semarang-594 ke Provinsi Riau

"Atas permohonan surat Gubernur Riau, setelah kami melaksanakan tugas di Bangka Belitung, saya gerakan KRI Semarang-594 ke Riau dan bersandar di Dumai," ujarnya menjelaskan.

Sejauh ini, Arsyad Abdullah menyebut, TNI AL telah mendukung 52 tabung oksigen untuk dibagikan gratis kepada masyarakat di Dumai, Pulau Rupat dan Pulau Bengkalis.

"Alhamdulillah kebutuhan oksigen sudah mencukupi dan bisa mendukung sejumlah Rumah Sakit serta masyarakat yang membutuhkan," tuturnya.*