Walikota Dumai: TKI Saudara Kita, saat Saksikan Pemulangan TKI Melalui Pelabuhan BSJ

Walikota Dumai: TKI Saudara Kita, saat Saksikan Pemulangan TKI Melalui Pelabuhan BSJ

27 Maret 2020
Walikota Zulkifli AS dan Kapolres Dumai Pantau Kepulangan TKI ke Daerah Asal /R24

Walikota Zulkifli AS dan Kapolres Dumai Pantau Kepulangan TKI ke Daerah Asal /R24

RIAU1.COM -Dumai- Sebanyak 21 TKI dari Malaysia yang transit di Tanjungbalai Karimun, tiba di Pelabuhan Bandar Sri Junjungan (BSJ) Purnama Kecamatan Dumai Barat, Kamis sore (26/03/2020).

“Hari ini kota kita telah ditunjuk pemerintah pusat menjadi daerah transit pemulangan Tenaga Kerja Indonesia ke daerah-daerah di Sumatera yang berasal dari Malaysia,” jelas Walikota Dumai Drs H Zulkifli AS MSi melalui akun facebook Zulkifli AS Kamis petang ini.

Para TKI yang transit melalui pintu Dumai, kata Zul AS, demikian panggilan akrab walikota Dumai, merupakan mereka yang sudah terlebih dahulu di screening di Tanjung Balai Karimun – Kepulauan Riau.

“Setelah lolos uji kesehatan sesuai dengan standar protokol kesehatan penanggulangan Covid-19, para TKI tersebut mendapat kartu HAC dari KKP Tanjungbalai Karimun, berlaku untuk 14 hari dan berstatus ODP,” ujarnya.

Menurutnya, bersama seluruh stake holder yang punya otoritas soal penanggulangan Covid-19, bersepakat untuk menerapkan dengan ketat standar protokol kesehatan bagi TKI tersebut yang masuk melalui pelabuhan Bandar Sri Junjungan Kota Dumai.

“Saya sadar ini adalah keputusan yang berat dan tanggung jawab yang juga besar. Namun, ini warga negara kita yang berada di luar negeri yang harus kita selamatkan, mereka sudara kita semua. Untuk itu kita punya tanggungjawab. Seberat apapun kita harus sama-sama. Kalau sama- pasti jadi ringan,” tuturnya.

Adapun rinciannya TKI Transit melalui pintu Dumai diantaranya; asal Kubu Rokan Hilir (Rohil), 4 orang, Pulau Rupat Bengkalis 2 orang, Kota Dumai 4 Orang, Medan Sumut 5 Orang, Kerinci Kabupaten Pelalawan 1 Orang, Aceh 1 Orang serta asal Sumatera Barat (Sumbar) sebanyak 4 Orang. (Zal)