Pelabuhan Internasional Dumai Resmi Ditutup

Pelabuhan Internasional Dumai Resmi Ditutup

23 Maret 2020
Penumpang Jalur Internasional Tampak Sepi di Pelabuhan Dumai/R24

Penumpang Jalur Internasional Tampak Sepi di Pelabuhan Dumai/R24

RIAU1.COM -Dumai- Pelabuhan Terminal Penumpang Internasional Dumai yang berada di kawan PT. Pelindo I resmi ditutup oleh pihak terkait.

Kondisi ini terjadi sejak Ahad kemarin, dimana kawasan tersebut terlihat kosong, bahkan pagar di depan juga dalam kondisi ditutup.

Pantauan lapangan Senin (23/03/2020) Tidak ada aktivitas baik aktivitas penumpang yang berangkat maupun datang.

Kepala Imigrasi Kelas II Dumai Gelora Adil Ginting membenarkan bahwa aktivitas di pelabuhan dihentikan, mulai Sabtu (21/3) lalu. "Sebelumnya negara Malaysia telah memberlakukan lockdown sejak 18 Maret 2020 akibat penyebaran virus corona. Akibatnya, warga negara Indonesia yang berada di Malaysia berbondong- bondong kembali ke Indonesia," jelasnya.


Ia mengatakan sebelum tanggal 21 Maret kemarin, aktifitas pelabuhan masih berlangsung, karena yang pulang tidak hanya pelancong, ada juga tenaga kerja Indonesia yang visa bekerjanya akan berakhir, dan mereka harus kembali untuk memperpanjang visa sebelum masa berlakukannya berakhir. 

"Jadi transportasi dari Dumai ke Malaysia dan sebaliknya sudah tutup 21 sampai 31 Maret 2020 dan kapal baru akan beroperasi kembali 1 April 2020," katanya.

Sementara itu, Sementara itu, Kasi Keselamatan Berlayar KSOP Dumai Yuzirwan, mengatakan, memang pada Ahad (22/3) tidak ada kapal berangkat maupun datang. "Untuk informasi selanjutnya kami masih menunggu instruksi selanjutnya," tegasnya.(zal)