Dinas Kesehatan Dumai Pantau 15 Warga yang Pulang Umroh

Dinas Kesehatan Dumai Pantau 15 Warga yang Pulang Umroh

18 Maret 2020
Sekretaris Dinas Kesehatan Dumai, dr Syaiful/foto Riau24

Sekretaris Dinas Kesehatan Dumai, dr Syaiful/foto Riau24

RIAU1.COM -Dumai - Pemerintah kota Dumai melalui dinas kesehatan saat ini tengah memantau kondisi 15  warga yang baru saja pulang dari luar negeri melaksanakan ibadah umroh. 

Tindakan ini dilakukan Dinkes Dumai memberikan perlindungan kesehatan dan keamanan bagi 15 orang warga "lampu hijau" tersebut. Diketahui beberapa waktu lalu, Dumai dihebohkan 1 orang suspect Covid-19 namun setelah dilakukan pemeriksaan selama masa 14 hari pasien tersebut dinyatakan aman dari Covid-19. 

Kepala Dinas kesehatan kota Dumai melalui sekretaris Dinkes, dr Syaiful mengatakan mereka adalah warga Dumai yang baru pulang dari luar negeri setelah menjalankan ibadah umrah.

"Sebanyak 15 orang yang masuk pemantauan adalah warga Dumai yang baru pulang dari luar negeri setelah menjalankan umrah,” sebutnya Rabu (18/03/2020). 

Dari pantauan Dinkes Dumai penyebaran Covid19 belum ditemukan di kota Dumai hingga saat ini.

"Sampai sekarang belum ada yang positif COVID-19. Kemarin ada satu warga Dumai dinyatakan suspect virus Corona, setelah dirawat dan diperiksa di lab ternyata hasilnya negatif. Mudah mudah tidak ada di kota Dumai," katanya.

Syaiful juga mengatakan, terhadap 15 orang tersebut, pihaknya akan terus memantau kesehatannya setiap hari dan sejauh ini belum ada tanda-tanda yang mendekati ke arah Suspect COVID-19.

"15 orang tersebut masih sehat, dalam artian tidak ada sakit seperti demam, batuk, sesak napas dan lainnya, semuanya masih aman, dan kita berharap tidak ada yang menjadi suspect COVID-19," tambahnya.  

Syaipul berharap, kepada 15 orang dalam pemantauan agar melakukan isolasi mandiri sampai waktu yang ditentukan. (Bie)