Masuki Musim Hujan, Diskes Kota Dumai Imbau Masyarakat Waspada Penyebaran DBD

Masuki Musim Hujan, Diskes Kota Dumai Imbau Masyarakat Waspada Penyebaran DBD

29 Oktober 2019
Ilustrasi DBD

Ilustrasi DBD

RIAU1.COM - Masyarakat Kota Dumai diimbau meningkatkan kewaspadaan terhadap penyakit Deman Berdarah Dengue (DBD) yang ditularkan oleh nyamuk.

Kabid Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Diskes Kota Dumai, Nurbaiti mengungkapkan, dimusim penghujan ini perkembangbiakan nyamuk demam berdarah cukup tinggi, akibat cuaca lembab dan banyak air tergenang.

"Kita minta warga waspada penyebaran nyamuk DBD, yang terpenting jangan membiarkan ada genangan air di suatu tempat atau wadah. Karena itu akan menjadi sarana perkembangbiakan nyamuk penyebab DBD ini," ujarnya, Selasa 29 Oktober 2019.

Nurbaiti juga meminta masyarakat untuk meningkatkan atau mengaktifkan kegiatan gotong-royong secara rutin untuk membersihkan lingkungan, guna menghindari terjadinya perkembangbiakan nyamuk akibat lingkungan yang kotor.

"Kita juga mengajak masyarakat untuk melaksanakan goro bersama, minimal sepekan sekali untuk membersihkan lingkungan. Mengingat sekarang ini bulan Oktober, curah hujan diperkirakan meningkat," tuturnya.

Nurbaiti menambahkan, Diskes Kota Dumai sudah melakukan foging di sejumlah daerah, untuk mematikan penyebaran bibit nyamuk penyebab DBD.

"Upaya foging sudah kita lakukan, dan ini menjadi agenda tahunan, guna menekan angka penyebaran nyamuk," pungkasnya.