Ke Kuansing Jangan Lupa Minum Kopi Khas Cerenti

Ke Kuansing Jangan Lupa Minum Kopi Khas Cerenti

25 Mei 2021
ilustrasi

ilustrasi

RIAU1.COM -Saat ini bagi pecinta kopi di Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau. Tidak perlu bingung kemana harus mencari tempat ngopi, karena sudah banyak tersedia warung atau kedai kopi sebagai tempat mangkal bersama kawan dan kerabat bisnis.


Ini dapat dilihat bila melakukan perjalanan ke " Kota Jalur " Kuansing, mulai dari Desa Tanjung Pauh ke Taluk Kuantan, maupun dari Desa Pesikaian ke Taluk Kuantan atau dari Desa Kasang ke Teluk Kuantan.


Namun jika ingin menikmati kopi khas dari Negeri Cerenti di kota Jalur Teluk Kuantan, bisa datang ke Kedai Kopi Caghonti (KKC) yang memiliki label " Since 1980 " sang Legendaris Irwan Samaun, yang saat ini diteruskan oleh Putranya Owner KKC, Siswan Rizon, SH  Alumni Polri 1999/2000.


Hanya berjarak sekitar 4 Kilometer dari Kota Jalur Teluk Kuantan atau sebelum Mesjid Agung, di deretan ruko sebelah kiri, akan terlihat KKC.


Di KKC ini, disajikan berbagai menu makanan dan minuman untuk sarapan pagi, seperti Lontong, Sate, Soto, Nasi Goreng, Mie Goreng dan Mie Rebus, termasuk cemilan atau kue. Untuk minuman tersedia Kopi Ginseng, Kopi Susu, Teh Telor, Madu dan Jus buah, dengan minuman favorit Kopi Caghonti.


Menurut salah satu pengunjung setia KKC, yang juga Mahasiswa Pascasarjana Universitas Riau, M. Albar Rasyid, S.IP. M.Si. " Sore ini saya lagi ngopi santai bersama rekan bisnis, sekitar pukul 15.00 WIB di kursi No. 9. Begitu duduk langsung ditawari minum dengan hidangan kopi Caghonti.


Saat sampai di Kedai Kopi Caghonti (KKC), langsung disambut salah satu pelayannya yang mempersilahkan menuju ke meja No 9, yang berada di sebelah kiri karena memang masih kosong.


Belum sampai tiga menit, salah satu pelayan KKC langsung menyapa, " Apa khabar Pak, mau minum apa ? Ujarnya sambil tersenyum menyapa kepada setiap pelanggan yang datang.


Aku jawab sehat ! nada spontan saja keluar, dan langsung jawab minum nya kopi, ujar ku singkat. Karena kalau sore hari memang sangat cocok minum kopi, untuk menghilangkan rasa kantuk ku, karena ingin membicarakan bisnis bersama Ketua BPC HIPMI Kuansing, Ifos Alva Rianda, SE.


Selanjutnya pelayan langsung menyampaikan kepada Onwer KKC " Jhon panggilan Akrabnya ", yang langsung menuju tempat peracikan minuman, ..tak berapa lama terdengar bunyi adukan minuman, sendok dengan gelas kayak bertengkar. Tapi bukan berkelahi, seperti kompak memberikan pelayanan. 


Tidak berapa lama, datang lah kopi pesanan kami, yang masih panas. Setelah sampai langsung kami aduk dengan dua sendok gula, sebagai pemanis kopi. " Begitu dihirup, memang terasa sangat nikmat sekali rasanya," Ujar Rasyid panggilan Akrabnya.


Lokasi Kedai kopi Caghonti ini cukup strategis, tempat parkir luas, pelayanan baik dan bersih. Sehingga masyarakat yang datang ke KKC ini, merasa senang dan tenang bila berada di tempat ini," Ujar Ketua BPC HIPMI Kuansing, Ifos Alva Rianda, SE.


" Jika datang ke Kota Jalur Teluk Kuantan, jangan lupa menikmati Kopi khas Caghonti untuk menikmati dan melepas selera," Tuturnya. (Zar)