//riau1.com/

#bisnis

Ini Faktor Eksternal Naiknya Harga TBS Sawit di Riau Periode 20-26 Januari 2021

R1/bar


Ilustrasi Ilustrasi

RIAU1.COM - Harga Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit di Riau periode 20 Januari hingga 26 Januari 2021 mengalami kenaikan pada setiap kelompok umur kelapa sawit.

Kabid Pengolahan dan Pemasaran Disbun Riau, Defris Hatmaja menuturkan, jumlah kenaikan terbesar terjadi pada kelompok umur 10-20 tahun sebesar Rp5,07 per kilogram atau mencapai 0,22 persen dari pekan lalu.

Baca Juga: Gratis Parkir, WiFi, dan Ice Chocolate Bagi Pelanggan Foodpedia Pekanbaru

"Dengan begitu, harga pembelian TBS petani untuk periode satu pekan kedepan juga mengalami kenaikan menjadi Rp2.303,02 per kilogram," kata Defris, Selasa 19 Januari 2021.

Defris menuturkan, ada beberapa faktor eksternal yang menjadi penyebab penurunan harga TBS sawit di Riau untuk periode pekan ini. "Karena memasuki kontrak perdagangan periode yang baru, harga minyak sawit mentah (CPO) mengalami kenaikan," tuturnya.

Baca Juga: FoodPedia Pekanbaru Sediakan Ruang Rapat, Manjakan Pelanggan dengan Live Music di Akhir Pekan

Kontrak futures (berjangka) yang aktif ditransaksikan di Bursa Malaysia Derivatif Exchange tersebut naik 0,5 persen di awal pekan ini. Kontrak yang berakhir Maret sudah kadaluwarsa. Kontrak pengiriman tiga bulanan sudah masuk periode April 2021.

"Saat ditransaksikan harga kontrak tersebut naik ke level RM 3.335/ton. Jelang berakhirnya kontrak berjangka, harga suatu komoditas biasanya mengalami penurunan mendekati harga komoditas aslinya. Kontrak futures biasanya ditransaksikan di harga yang lebih tinggi (premium) terhadap harga komoditas fisiknya," tutupnya.





Loading...
loading...