Ini Faktor Eksternal Penyebab Anjloknya Harga TBS Sawit di Riau

Ini Faktor Eksternal Penyebab Anjloknya Harga TBS Sawit di Riau

29 September 2020
Ilustrasi

Ilustrasi

riau1.com/">RIAU1.COM - Harga Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit di Riau periode 30 September hingga 6 Oktober 2020 mengalami penurunan pada setiap kelompok umur kelapa sawit.

Kabid Pengolahan dan Pemasaran Disbun Riau, Defris Hatmaja menuturkan, jumlah penurunan terbesar terjadi pada kelompok umur 10-20 tahun sebesar Rp50,01 per kilogram atau mencapai 2,43 persen dari pekan lalu.

"Dengan begitu, harga pembelian TBS petani untuk periode satu pekan kedepan juga mengalami penurunan menjadi Rp2.048,40 per kilogram," kata Defris, Selasa 29 September 2020.

Defris menuturkan, ada beberapa faktor eksternal yang menjadi penyebab kenaikan harga TBS sawit di Riau untuk periode pekan ini.

"Karena harga CPO untuk kontrak pengiriman bulan Desember di Bursa Malaysia Derivatif (BMD) menguat 0,8 persen ke RM 2.780 per ton. Namun dalam sepekan harga CPO telah anjlok 9,7 persen dari level tertingginya pekan lalu," tuturnya.

Dalam sepekan terakhir ada beberapa sentimen negatif yang membuat harga komoditas unggulan RI dan Negeri Jiran ini menukik tajam.

"Pertama adalah harga minyak nabati global yang terus melorot. Kedua adalah kondisi perpolitikan Malaysia yang sedang diwarnai dengan kisruh," pungkasnya.