//riau1.com/

#bisnis

Harga Tiket Pesawat Diskon Hingga 50 Persen Akibat Virus Corona, Khusus 10 Daerah Destinasi Wisata

R1/surya


Penumpang beraktivitas di area ‘check in’. Foto: Antara. Penumpang beraktivitas di area ‘check in’. Foto: Antara.

RIAU1.COM -Mulai 1 Maret 2020, masyarakat sudah bisa menikmati diskon tiket pesawat hingga 50 persen dari maskapai-maskapai penerbangan. Diskon diberikan hanya untuk penerbangan domestik ke 10 rute destinasi di Indonesia.

Dilansir dari Kumparan.com, Sabtu (29/2/2020), Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, pemberian diskon ini dalam rangka menggenjot bisnis penerbangan dalam negeri. Sebab sejak adanya virus corona, bisnis penerbangan harus menelan pil pahit akibat orang menahan diri keluar negeri.

"Bentuknya tidak voucher. Diskonnya mekanisme langsung. Sudah bisa (cek di Travel Agent Online) besok," ujarnya.

Kesepuluh destinasi pariwisata itu melalui sepuluh bandara yang berada di Batam, Denpasar, Jogjakarta, Labuan Bajo, Lombok, Malang, Manado, Silangit, Tanjung Pandan, dan Tanjung Pinang.

Untuk kelas bisnis atau full service diskonnya 45 persen. Kelas medium 48 persen.

www.jualbuy.com

Baca Jugaa: Harga Bawang di Pekanbaru Hari ini Anjlok Hingga Rp2 ribu per kilogram

Kelas ekonomi (LCC) 50 persen. Diskon ini bisa dinikmati masyarakat yang mulai melakukan pembelian dan penerbangan mulai 1 Maret 2020 hingga 31 Mei 2020.

Waktu diskon tiga bulan diberikan sambil memantau perkembangan kasus virus corona di dunia. Jumlah tiket penerbangan domestik yang didiskon sebanyak 25 persen dari total kursi.

"Itu untuk 25 persen seat ke 10 destinasi wisata selama 3 bulan. Mulai 1 Maret hingga 30 Mei 2020," jelas Budi.

Sementara untuk wisatawan mancanegara akan diberikan diskon juga. Akan tetapi itu dirumuskan oleh Kementerian Pariwisata.

Baca Juga: Hari ini Harga Cabe Hijau di Pekanbaru Naik Rp4 ribu, Rawit Stabil

Untuk memberikan diskon tiket pesawat tersebut, pemerintah memberikan kucuran uang ke maskapai Rp500 miliar secara tunai. Uangnya dari APBN.

Secara teknis, dari guyuran uang yang diberikan pemerintah, maskapai bakal memberikan diskon 30 persen. Tak hanya dari pemerintah, PT Pertamina (Persero) akan memberikan diskon ke maskapai untuk pembelian avtur 10 persen.

Operator bandara yakni PT Angkasa Pura I dan PT Angkasa Pura II juga ikut memberikan parkir diskon 20 persen ke maskapai. PT AirNav Indonesia yang mengurusi navigasi pesawat juga diminta memberikan diskon ke maskapai.

"Kalau dihitung, maskapai 30 persen, Pertamina 15 persen akan mereduksi harga avtur mereka di 10 destinasi itu. AP I, AP II, dan AirNav 5 persen. Jadi total insentif yang diberikan yaitu 50 persen," ucapnya.





Loading...
loading...