Kepala Ekonom Bank Dunia Mundur, Ini Surat Terbuka Kepada Rekannya

Kepala Ekonom Bank Dunia Mundur, Ini Surat Terbuka Kepada Rekannya

6 Februari 2020
Pinelopi Koujianao Goldberg mundur dari Bank Dunia.

Pinelopi Koujianao Goldberg mundur dari Bank Dunia.

RIAU1.COM - Tiba tiba saja dan sangat mengejutkan. Kepala ekonom Bank Dunia, Pinelopi Koujianou Goldberg mundur dari Bank Dunia mulai 1 Maret 2020.

 

Dilansir dari AFP, dalam sebuah surat yang dikirim kepada rekannya, Goldberg menuliskan keputusan mundur dari Bank Dunia merupakan keputusan sulit.

Dia menjelaskan akan mundur dari Bank Dunia untuk kembali mengajar di Universitas Yale.

"Pekerjaan ini telah menjadi pengalaman yang bermanfaat, untuk bekerja dengan Anda dalam masalah-masalah yang sangat kita pedulikan dan memastikan bahwa ekonomi pembangunan berfungsi untuk menciptakan peluang bagi kaum miskin," katanya kepada rekan-rekannya dalam surat itu, seperti dilansir CNN Indonesia, Kamis, 6 Februari 2020.

Dalam sebuah surat terpisah, Presiden Bank Dunia David Malpass mengatakan Direktur Riset Aart Kraay akan mengambil alih pekerjaan Goldberg sampai seorang kepala ekonom permanen baru dipekerjakan.


"Saya menghargai hasrat Penny untuk membangun koneksi institusi dengan penelitian akademis mutakhir. Selain itu, komitmennya untuk menarik para ekonom muda berbakat ke bank dunia, upaya yang akan terus berlanjut setelah kepergiannya," tulis Malpass.

Sebagai warga negara Yunani-Amerika, Goldberg menduduki jabatannya pada akhir April 2018, setelah pengunduran diri Paul Romer menyusul kontroversi mengenai metode statistik Bank Dunia.


Lulusan Universitas Freiburg Jerman dan Universitas Stanford Amerika Serikat, Goldberg adalah editor kepala pertama American Economic Review dan mengajar ekonomi di Yale sebelum bergabung dengan Bank Dunia.

 

Di sana, dia mempelajari rantai nilai global. Dalam sebuah laporan yang diterbitkan Oktober, Goldberg menunjukkan bagaimana negara-negara miskin dapat mengubah ekonomi mereka dengan mengkhususkan diri dalam pembuatan komponen tertentu daripada membangun seluruh industri dari nol.

R1 Hee.