Khawatir Indikator BBM Mobil di Posisi E? Segini Jarak yang Masih Bisa Ditempuh

Khawatir Indikator BBM Mobil di Posisi E? Segini Jarak yang Masih Bisa Ditempuh

12 Januari 2020
Ilustrasi

Ilustrasi

RIAU1.COM - Banyak pengemudi mobil sering khawatir jika indikator BBM sudah berada di posisi E atau empty. Meski dalam keadaan RES (Reservoir), mobil masih bisa melaju karena ada BBM cadangan.

Jumlah BBM cadangan ini berbeda setiap jenis mobil, namun pad aumumnya berkisar antara 5 hingga 10 liter. Dengan begitu, mobil masih bisa menempuh perjalanan sekitar 50 kilometer untuk mencari SPBU terdekat.

"Total kapasitas tangki Daihatsu rata-rata 45 liter. Jika pada kondisi BBM sudah di E, mobil masih bisa bergerak kurang lebih 50 kilometer karena ada cadangan 10 liter," ujar Technical Service Executive Coordinator PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Anjar Rosjadi.

"Jarak tempuh itu, jika kondisi jalan tidak macet," ungkap Anjar, dilansir Kompas.com, Ahad 12 Januari 2020.

Sementara itu, Technical Support Manager PT Toyota Astra Motor (TAM), Didi Ahadi mengimbau pengemudi mobil tidak menyepelekan peringatan di layar indikator.

"Memang mobil masih bisa menyala, kalau Toyota kira-kira menempuh sampai 20 kilometer lagi, tergantung dari pemakaian," kata Didi.

Loading...

"Tapi bukan berarti boleh menunda pengisian BBM, karena kita tidak tau kondisi jalan macet atau tidak ke SPBU terdekat," sebutnya.

Jika pengendara terlalu sering menjalankan mobil dengan keadaan indikator BBM di E, akan terjadi potensi kerusakan.

"Secara teknis, menurut saya, mobil sekarang filter BBM-nya diletakan di dalam tangki. Mungkin saja kalau sering kosong lalu diisi, maka kotoran di filter menumpuk. Dampaknya, mengganggu kinerja pompa bensin," pungkasnya.