Posisi Tutup Tangki BBM Setiap Mobil Berbeda, Ini Alasannya

Posisi Tutup Tangki BBM Setiap Mobil Berbeda, Ini Alasannya

12 Januari 2020
Ilustrasi

Ilustrasi

RIAU1.COM - Ada banyak jenis mobil, yang menariknya setiap mobil memiliki desain tersendiri, termasuk posisi tutup tangki BBM berbeda-beda.

Meski tidak ada aturan pasti terkait tutup tangki BBM ini, Technical Support Manager PT Toyota Astra Motor, Didi Ahadi mengatakan, posisi tutup tangki BBM menjadi ciri khas setiap pabrikan.

Salah satu pertimbangannya agar titik berat mobil menjadi seimbang secara keseluruhan, dan posisinya menyesuaikan dengan desain komponen-komponen yang ditempatkan di bagian kolong.

"Biasanya tutup tangki berlawanan dengan lubang knalpot. Kalau misalnya tutup tangki di kanan, lubang knalpot pasti di sebelah kiri,” kata Didi, dilansir Kompas.com, Ahad 12 Januari 2020.

“Ada alasan safety, karena knalpot panas dan sebagainya, tapi ada juga alasan desain agar penempatannya sesuai dan cocok dengan pertimbangan-pertimbangan tadi,” sebutnya.

Terpisah, Head of Service PT Suzuki Indomobil Sales, Riecky Patrayudha menuturkan, meski posisi peletakan tutup tangki BBM bisa berbeda-beda, tapi secara umum letak tangki BBM biasanya berada di tengah mobil.

“Jadi, meski mulut tangki berada di kanan, belum tentu tangki ada di kanan begitu juga sebaliknya. Rata-rata mobil zaman sekarang posisinya lebih ke tengah, karena pertimbangan sudah pakai penggerak depan jadi tidak ada gardan yang menghalangi,” terangnya.

“Selain itu juga pertimbangan center of gravity yang lebih baik. Juga karena di belakang biasanya dipakai sebagai ruang penyimpanan, entah itu tool kit, ban serep, atau yang lainnya,” pungkasnya.