Sebuah Ford Mustang GT 1968 Karatan Terjual Rp46 miliar, Ternyata

Sebuah Ford Mustang GT 1968 Karatan Terjual Rp46 miliar, Ternyata

11 Januari 2020
Ford Mustang GT 1968 yang terjual dalam lelang di Amerika Serikat

Ford Mustang GT 1968 yang terjual dalam lelang di Amerika Serikat

RIAU1.COM - Jika sebuah mobil karatan dijual dengan harga rendah, bahkan tidak laku. Berbeda dengan Ford Mustang GT 1986 yang satu ini.

Mobil pabrikan Amerika yang dikendarai Steve McQueen dalam film 'Bullitt' ini terjual dengan harga US$3,4 juta atau setara Rp46,8 miliar.

Mobil yang sudah karatan itu terjual dalam sebuah lelang di Mecum Auction, Florida, Amerika Serikat, Jumat 10 Januari 2020 kemarin.

Manager Pemasaran untuk rumah lelang Kissimmee, David Morton menuturkan, angka itu merupakan harga tertinggi yang pernah dibayakan untuk Ford Mustang dalam sebuah lelang.

Namun, sampai saat ini pembeli mobil tersebut belum disebutkan identitasnya. "Palu itu jatuh pada angka US$ 3,4 juta, tetapi dengan biaya pembelian, total biaya yang dikeluarkan mencapai US$ 3,74 juta," ujar David, dilansir Tempo.co, Sabtu 11 Januari 2020.

"Angka itu menghancurkan rekor rumah lelang sebelumnya yang ditetapkan tahun lalu sebesar US$2,2 juta," tambah David.

Ford Mustang GT 1968 Steve McQeen yang dilelang biasa saja. Mobil berwarna hijau tua itu tampak berkarat di beberapa bagian.

McQueen, yang berperan sebagai Letnan Polisi Frank Bullitt, dengan Ford Mustang GT 1968 mengejar penjahat yang mengendarai Dodge Charger berwarna hitam 1968. Adegan seru kejar-kejaran ini membuat Ford Mustang GT diidolakan banyak penggemar.

Setelah syuting, Mustang dijual kepada karyawan Warner Brothers, dan kemudian ke seorang detektif kepolisian New Jersey.

Dia kemudian menjualnya dengan harga US$ 6.000 pada tahun 1974 kepada Robert Kiernan dari Madison, New Jersey, yang memegang mobil itu hingga dia meninggal dunia pada tahun 2014.

Kiernan menolak beberapa penawaran untuk mobil itu, termasuk dari McQueen sendiri, menurut New York Times. Dia menyerahkannya kepada putranya, Sean.

Sean Kiernan mengatakan kepada Mecum dalam sebuah video promosi bahwa ibunya mengendarai mobil itu sampai koplingnya jebol pada 1980. “Ford Mustang GT itu hampir 40 tahun tidak pernah dikemudikan sampai saat ini, dengan 65.000 mil pada odometer,” pungkasnya.