Tahun 2020, 7 Mobil Mewah ini Bakal 'Disuntik Mati'

Tahun 2020, 7 Mobil Mewah ini Bakal 'Disuntik Mati'

10 Januari 2020
Ford Flex, salah satu model mobil yang bakal dihentikan produksinya di tahun 2020 ini

Ford Flex, salah satu model mobil yang bakal dihentikan produksinya di tahun 2020 ini

RIAU1.COM - Untuk beberapa produsen otomotif, tahun 2020 tidak memberikan sesuatu hal yang positif. bahkan sejumlah model kendaraan pun bakal 'disuntik mati' tahun ini karena penjualan yang menurun.

Selain soal penjualan, ada juga yang bertransisi ke era kendaraan listrik, dan sebagian lainnya menilai masa depan model sedan akan digantikan oleh tipe sport utility vehicle (SUV).

Dilansir Antara.com, berikut deretan model mobil yang bakal 'tutup usia' di tahun 2020 ini:

1. Cadillac CT6

Impala dan CT6 awalnya akan dihentikan pada Juni 2019 lalu, tetapi GM memperpanjang produksinya hingga akhir Januari 2020 untuk menyeimbangkan waktu produksi.

Meski modelnya akan dimatikan, teknologi sistem penggerak jalan raya semi-otomatis 'Super Cruise' yang pertama kali dipakai pada CT6 akan digunakan pada kendaraan lain.

2. Fiat 500

Fiat 500 merupakan jenis kendaraan mungil dari produsen otomotif asal Italia. Namun siapa yang mau membeli kendaraan biasa dengan ukuran kecil di era 2020?

"Saat ini merupakan momen yang menantang untuk mobil berukuran kecil," ujar Analis Otomotif asal Edmunds, Jeremy Acevedo.

Ia mengatakan mayoritas orang Amerika tidak menyukai mobil berukuran kecil. Untuk saat ini, Fiat 500 sudah tidak dijual di Amerika, namun masih tersedia di pasar Eropa.

3. Jaguar XJ

Jaguar XJ terakhir kali disegarkan pada tahun 2011, namun selama delapan tahun hingga kini tidak diberikan pembaruan model.

Menurut pengamat, Jaguar XJ tidak digemari kalangan konsumen mobil mewah yang justru lebih melirik model SUV.

4. Chevrolet Impala

Chevrolet Impala pernah menjadi 'raja' sedan berukuran besar di pasar otomotif Amerika Serikat. Namun mengacu pada VW Beetle yang begitu populer tapi akhirnya tidak laku.

Segmen sedan besar ini juga mengalami hal serupa. Penjualan mereka terus menurun sejalan dengan pindahnya konsumen ke model SUV.

Senasib dengan Impala, Ford Taurus yang menjadi pesaing mereka juga akan dihentikan produksinya.

5. Infiniti QX30

Usia Infiniti QX30 baru dua tahun, namun pabrikan berencana menghentikan penjualan model crossover itu karena tidak dilirik banyak konsumen.

Pimpinan Cox Automotive menyebutkan bahwa konsumen bingung di mana merek QX30 bernaung, di bawah merek Infiniti itu sendiri atau Nissan.

Penjualan Infiniti sebagai merek mewah di bawah Nissan menurun dalam 10 bulan pertama 2019, atau turun 17 persen.

6. Ford Flex

Ford Flex adalah mobil berjenis SUV. Namun kehadirannya menjadi pelajaran bagi produsen mobil, bahwa tidak semua SUV diminati pasar, meski trennya secara global sedang naik.

Ford mengumumkan pada Oktober akan menutup produksi model Flex pada 2020, setelah kendaraan itu mengaspal selama 11 tahun.

Ford tidak merinci alasan utama mereka menghentikan model itu, namun sejumlah pengamat menilai SUV berbentuk "kotak" kurang diminati karena tidak mencerminkan kesan futuristik.

7. Volkswagen Beetle

Volkswagen Beetle atau VW Kodok cukup dikenal di Indonesia, karena modelnya yang ikonis seperti kodok, seperti kumbang, ada juga yang bilang seperti kura-kura.

Mobil yang dikenalkan sejak 80 tahun lalu di Jerman itu tutup usia pada 2020 karena popularitasnya yang kian anjlok, seiring naiknya segmen SUV dan crossover.

Beetle seri terakhir dijual di Amazon, dan pada tahun-tahun mendatang VW akan fokus ke segmen mobil listrik.