Jika Ada Agen atau Pangkalan Jual LPG Di Atas HET, Warga Bengkalis Diminta Melapor

Jika Ada Agen atau Pangkalan Jual LPG Di Atas HET, Warga Bengkalis Diminta Melapor

15 Januari 2022
Ilustrasi (Foto: Pasardana.id)

Ilustrasi (Foto: Pasardana.id)

RIAU1.COM - Bidang pengembangan dan Bidang pengelolaan Pasar Dinas Perdagangan dan perindustrian Bengkalis melakukan pemantauan harga kebutuhan bahan pokok disejumlah gudang dan pertokoan di Kota Bengkalis dan sekitarnya.

Pemantauan tersebut dinilai sebagai merupakan salah satu langkah proaktif Disdagperin dalam upaya mendukung stabilisasi harga, serta mencegah adanya tindakan spekulatif pelaku usaha tentang adanya kenaikan bahan pokok penting.

"Hasil survei yang telah dilaksanakan ke beberapa distributor, tidak semua bahan terjadinya kenaikan harga. Kenaikan cenderung disebabkan beberapa faktor, misalnya gas LPG merupakan penyesuaian harga dari tahun sebelumnya, ini merupakan sebuah faktor adanya kenaikan harga minyak dunia,"ucap Kepala Bidang Pengembangan Perdagangan, Paulina.

Lalu Paulina menambahkan, Disdagperin akan terus melakukan pemantauan harga bahan pokok dengan pihak terkait agar tidak terjadinya kecurangan baik dari pedagang maupun dari distributor.

"Bagi masyarakat yang memiliki informasi ada agen dan pangkalan yang menjual LPG melebihi harga HET, agar menyampaikan informasi ke kami agar dapat ditindaklanjuti secara persuasif,"ujarnya lagi.

Beberapa harga bahan pokok yang terpantau, telur ayam kisaran harga saat ini mengalami penurunan Rp48-50 ribu perpapan, minyak goreng rata-rata kisaran harga Rp38-40 ribu perdualiter. LPG 3 kilogram tidak mengalami kenaikan.*