Peran Penting SDGs dalam Akselerasi Pembangunan Bengkalis

Peran Penting SDGs dalam Akselerasi Pembangunan Bengkalis

3 Desember 2021
Saat Rakor berlangsung

Saat Rakor berlangsung

RIAU1.COM - Menurut Bupati Bengkalis, Kasmarni Suistainable Development Goals (SDGs) Daerah Kabupaten Bengkalis memainkan peranan penting bagi akselerasi pembangunan. 

Pernyataan tersebut disampaikan Kasmarni dalam sambutannya yang disampaikan oleh Staf Ahli Bidang Ekonomi Keuangan dan Pembangunan, Johansyah Syafri, dalam Rapat Koordinasi Suistainable Development Goals (SDGs) Daerah, Kamis 2 Desember 2021. 

Bupati Bengkalis dalam sambutan singkatnya menyampaikan, rakor ini memiliki peran penting karena melalui forum ini Pemerintah dapat memperoleh berbagai masukan, saran maupun rekomendasi yang dirumuskan secara bersama-sama oleh para pemangku kepentingan.

“Pesan dari Bupati kepada seluruh peserta rakor baik jajaran Pemerintah Kabupaten Bengkalis maupun dukungan dari berbagai pemangku kepentingan, agar bersama-sama kita dapat memperjuangkan rencana pembangunan dan perumusan kebijakan yang akan kita susun secara terencana,” papar Johan saat menyampaikan sambutan Bupati.

Pemerintah Kabupaten Bengkalis sendiri, ujar Johan, melalui Sekretariat SDGs Kabupaten, dari tahun 2018 sampai 2020 telah menyampaikan laporan monitoring dan evaluasi rencana aksi SDGs 2017 – 2018. Laporan ini sesuai dengan dokumen rencana aksi daerah pencapaian tujunan pembangunan berkelanjutan (TPB/SDGs) 2017 – 2019 dimana hasilnya telah dievaluasi oleh Sekretariat SDGs Provinsi Riau.

“Kemudian program unggulan Kabupaten Bengkalis pun telah diselaraskan dengan tujuan SDGs, dimana terakhir ada tiga program unggulan Kabupaten Bengkalis yang diusulkan sebagai inovasi SDGs daerah tahun 2022 melalui Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kabupaten Bengkalis,” ujarnya.*