Pekerja Parkir hingga Tukang Ojek di Mandau dan Pinggir Dapat Zakat Konsumtif Baznas

Pekerja Parkir hingga Tukang Ojek di Mandau dan Pinggir Dapat Zakat Konsumtif Baznas

26 November 2021
Penerima Zakat Konsumtif

Penerima Zakat Konsumtif

RIAU1.COM - Zakat konsumtif kembali didistribusikan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Bengkalis.

Zakat konsumtif tersebut diberikan kepada pekerja parkir dan komunitas ojek di Kecamatan Mandau dan Kecamatan Pinggir pertengahan pekan ini.

Ketua Baznas H Ali Ambar menyebutkan, pendistribusian yang diperuntukan terhadap 125 orang penerima yakni 100 orang untuk warga di Kecamatan Mandau dan 25 orang untuk warga di Kecamatan Pinggir.

"Ya kita sudah salurkan untuk 125 orang untuk dua Kecamatan tersebut, alhamdulillah ini juga termasuk dalam program unggulan di Baznas Bengkalis,"ungkap Ali Ambar.

Sebut dia, zakat konsumtif tersebut adalah memberikan dana zakat kepada mustahik tanpa di ikuti pemberdayaan mustahik. Sementara distribusi zakat produktif adalah pemberian dana zakat kepada mustahik yang diikuti dengan pemberdayaan.

"Alhamdulillah untuk pendistribusian zakat konsumtif ini akan dilakukan secara bergilir setelah dilakukan pemantauan ke lapangan,"ujarnya.

Setelah pendistribusian zakat konsumtif, sambung dia, juga disalurkan program satu keluarga satu sarjana sebanyak 2 orang untuk warga Mandau bernama Ida, mahasiswa STAI Hubulwathan Duri dan Muhammad Adhan warga Kecamatan Pinggir yang sedang menuntut ilmu di UIN Suska Riau Pekanbaru.

"Kita juga salurkan zakat yang masuk dalam program satu keluarga satu sarjana, kali ini untuk dua orang warga Mandau dan Pinggir,"tukasnya.*