Pengembangan Perkebunan Serai Wangi Dijajaki DMDI Bersama Politeknik Bengkalis

Pengembangan Perkebunan Serai Wangi Dijajaki DMDI Bersama Politeknik Bengkalis

16 September 2021
Usai pertemuan

Usai pertemuan

RIAU1.COM - Sejumlah pengurus Dunia Melayu Dunia Islam (DMDI) Kabupaten Bengkalis menjajaki kerjasama yang dapat saling menguntungkan dengan perguruan tinggi (PT) di Bengkalis.

DMDI Kabupaten Bengkalis yang hari ini telah memiliki komposisi pengurus menjajaki kerjasama bidang pendidikan bersama Politeknik Negeri Bengkalis (Polbeng).

Kerhasama ini untuk memperkuat organisasi serumpun Melayu dengan keanggotaan lebih dari 25 negara.

Ketua DMDI Bengkalis Darma Firdaus S bersama Ketua Umum DMDI Riau Datok Ajis, Rabu 15 September 2021 kemarin bersilaturrahmi ke Direktur Politeknik Bengkalis Joni Custer.

Dalam pertemuan itu, DMDI Bengkalis menawarkan kerja sama dengan Polbeng, khususnya dalam pengolahan daun serai wangi menjadi minyak serai wangi. Dam penawaran itupun di sambuat baik pihak Polbeng, karena saat ini Polbeng melalui programnya juga pemberdayaan masyarakat sudah melakukan kerja sama tersebut.

Ketua DMDI Bengkalis Darma Firdaus S mengatakan, saat ini DMDI Riau sedang mengelola perkebunan serai wangi yang dijadikan minyak Atsiri. Ditambah lagi perkebunan serai wangi di bengkalis potensinya cukup besar.

"Kami ingin merangkul Polbeng dalam mengelola kebun serai wangi yang saat ini sudah ditaman. tentunya, untuk pengelolaan ini perlu teknologi penyulingan minyaknya. Karena saat ini minyaknya memiliki nilai ekonomis yang besar bagi pengembangan ekonomi masyarakat,"ucap Darma Firdaus.

Sedangkan Ketua DMDI Riau  Datok Ajis juga menyampaikan, di Riau pihaknya sudah mengembangkan perkebunan serai wangi yang luasnya mencapai ratusan hektare, termasuk salah satunya di Bengkalis.

"Kami memang memerlukan kerjasama seperti Polbeng, tentu melalui pengembangan teknologi serta pembinaan dari perguruan tinggi sangat diharapkan,"katanya.

Keinginan kerjasama tersebut, Direktur Polbeng Joni Custer menyambut baik. Karena  pihaknya melalui program pengembangan dan pengabdian masyarakat sudah melakukan kerjasama dan tentunya jika DMDI Bengkalis dan Riau ingin menjalin kerja sama pihaknya menyambut baik.

"Saat ini kami sudah ada kerja sama dengan masyarakat untuk membuat alat pengolahan atau alat suling daun serai yang sudah diuji coba. Sudah ada alamatnya dan sudah diuji coba serta menghasilkan minyak serai wangi. Alat ini nantinya akan kami serahkan ke masyarakat yang sudah menjadi binaan kami,"pungkas Joni Custer.*