Ini Konsep Pengembangan Pulat Rupat yang akan Dilakukan Kemenpar RI

Ini Konsep Pengembangan Pulat Rupat yang akan Dilakukan Kemenpar RI

13 September 2021
Pantai Pulau Rupat/Net

Pantai Pulau Rupat/Net

RIAU1.COM - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno ingin menjadikan Pulau Rupat , Bengkalis, Riau sebagai beranda terdepan pariwisata Indonesia. 

Pulau Rupat merupakan pulau terluar di bagian barat Indonesia. Berbatasan langsung dangan negeri jiran Malaysia. 

Sandiaga menyebut, Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Pulau Rupat, lokasinya sangat strategis lantaran dekat dengan Malaka, Malaysia. 

"KSPN Pulau Rupat saat ini salah satu yang sedang dibahas dan ditingkatkan, lokasinya sangat strategis," katanya.

Diungkapkan Sandiaga, bahwa ia pernah berkunjung ke Kota Malaka. Ia melihat sektor pariwisata disana memiliki jumlah kunjungan wisatawan tertinggi di Malaysia, sehingga bisa dibuat Travel Bubble atau Koridor perjalanan antar negara di tengah pandemi. 

"Saya pernah berkunjung ke Malaka, sektor pariwisata disana sangat baik dan dekat dengan Rupat. Sehingga bisa dibuat Travel Bubble yang berkaitan dengan Travel Pattern," Sebut Sandiaga. 

Loading...

"KSPN Pulau Rupat saat ini sedang kita kembangkan, kaitannya dengan rekan-rekan KL [Kementerian/Lembaga] lainya, Kementerian PUPR dan Bappenas. Ini akan kita sinergikan dan solidkan agar Pulau Rupat ini menjadi beranda terdepan pariwisata Indonesia," ujar Sandiaga. 

Travel Pattern yang dimaksud Sandiaga adalah suatu pola perjalanan yang dirancang, dibangun, dan dikemas menjadi suatu komoditi yang layak untuk dinikmati. 

Pembuatan Travel Pattern dapat meningkatkan lama tinggal wisatawan dan juga mendorong pemerataan pembangunan pariwisata di daerah.*