Penumpang Ro-Ro di Pelabuhan Air Putih Bengkalis, jadi Sasaran Vaksinasi

Penumpang Ro-Ro di Pelabuhan Air Putih Bengkalis, jadi Sasaran Vaksinasi

7 Juni 2021
Vaksinasi covid-19 di Pelabuhan Air Putih Bengkalis

Vaksinasi covid-19 di Pelabuhan Air Putih Bengkalis

RIAU1.COM -Pemerintah Kabupaten Bengkalis melalui Satgas Covid-19 tidak hanya melakukan vaksinasi massal di UPT Puskemas, melainkan juga di pelayanan publik. Salah satunya di pelabuhan penyeberangan roro Desa Air Putih dengan prioritas para penumpang yang menggunakan jasa pelabuhan penyeberangan.

Jumat (4/6/2021), pelayanan vaksinasi terhadap masyarakat umum ini mulai dibuka sekitar pukul 14.00 WIB. Walau prioritas untuk warga yang akan bepergian, namun masyarakat umum yang ingin vaksin tetap dilayani. Seperti tahapan vaksin pada umumnya, sebelum vaksinasi dilakukan, petugas melakukan screening kesehatan untuk memastikan bisa tidaknya dilakukan vaksinasi. 

Screening kesehatan ini dilakukakan pada meja pertama. Baru berikutnya kalau memang bisa dilakukan vaksinasi, dilanjutkan pada meja kedua. Pelayanan vaksinasi di pelabuhan roro Air Putih ini baru perdana dilakukan sehingga antrian tidak begitu lama. 

Begitu selesai divaksin, warga diminta untuk menunggu sekitar 15 menit untuk memastikan ada tidaknya DIPI. Kalau semua berlangsung normal, maka tahapan vaksinasi selesai dan warga diperbolehkan untuk pulang. 

Vaksinasi di pelabuhan roro ini merupakan vaksinasi dosis pertama dan untuk vaksinasi dosis kedua, akan dilakukan pada tanggal 2 Juli mendatang dengan lokasi di UPT Puskemas terdekat.

Selama proses vaksinasi berlangsung, tampak ikut memantau di lapangan Sekretaris Dishub Bengkalis Zul Asri, Sekretaris Satpol PP Bengkalis Agusrizal, Kabid Pelayanan Kesehatan Diskes Bengkalis Ediyanto, Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Diskes Bengkalis Alwizar, Kapolsek Bengkalis AKP Syeh Syarif H serta pengamananan oleh anggota TNI dan Polri.



Kabid Pelayanan Kesehatan Diskes Bengkalis, Ediyanto kepada wartawan disela-sela vaksinasi mengatakan program vaksinasi bagi pelayanan publik ini akan dilaksanakan setiap weekend, yaitu Jumat dan Sabtu. 

“Hari ini (Jumat,red) perdana kita lakukan berlangsung hingga sore. Kemudian untuk besok Sabtu, kita beroperasi dari pagi sampai sore dengan pembagian 2 shift,” ujar Ediyanto.

Ediyanto mengatakan, pihaknya belum memastikan sampai kapan vaksinasi di pelabuhan roro Air Putih ini akan dilakukan. 

“Kita lihat perkembangan kedepannya macama mana. Harapan kita, dengan adanya vaksinasi di pelabuhan roro, akan semakin banyak masyarakat yang kita vaksin.

Disamping itu, masih menurut Ediyanto, petugas UPT Puskemas juga nantinya akan turun ke desa-desa untuk melakukan vaksinasi, dengan prioritas bagi para lansia. Karena dengan  keterbatasan yang ada, lansia akan sulit datang ke UPT Puskesmas. 

“Jadi kita yang  ke desa-desa,” ujar Ediyanto seraya menyampaikan saat ini juga turun ke desa-desa akan dilakukan vaksinasi terhadap aparatur desa selaku pelayan publik. (Hari)