255 APK Paslon di Bengkalis Dibongkar Tim Gabunngan

255 APK Paslon di Bengkalis Dibongkar Tim Gabunngan

1 Oktober 2020
255 APS Paslon di Bengkalis Dibongkar Tim Gabunngan/R24

255 APS Paslon di Bengkalis Dibongkar Tim Gabunngan/R24

RIAU1.COM -BENGKALIS - 255 Alat Peraga Kampanye (APK) bakal pasangan calon bupati dan wakil bupati Bengkalis ditertibkan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) bersama Satpol PP Kab. Bengkalis, Rabu 30 September 2020, kemarin.

Ratusan APS yang ditertibkan tersebut di antaranya, baleho, spanduk dan juga sticker peserta paslon pilkada Bengkalis 2020.

Komisioner Bawaslu Bengkalis, Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga, Usman menyampikan bahwa Alat peraga sosialisasi ini tidak masuk dalam kategori Alat Peraga Kampanye sebagaimana ketentuan Peraturan Komisi Pemilihan Umum No. 13 Tahun 2020. 

"Alat Peraga sosialisasi yang masih terpasang tersebut telah melanggar ketentuan dan bukan jenis APK yang di fasilitasi KPU maupun yang di cetak oleh pasangan calon pasca di tetapkannya sebagai calon bupati dan wakil bupati," ungkap Usman, Rabu 30 September 2020 petang kemarin.

Menurut Usman, penertiban dilakukan, merespon surat himbauan yang telah dilayangkan Bawaslu Kabupaten Bengkalis beberapa hari yang lalu kepada setiap pasangan calon Bupati dan wakil Bupati.

Loading...

"Sebenarnya kami dari awal meminta kepada pasangan calon untuk menertibkan sendiri APS yang masih terpasang tersebut. Namun, hingga batas waktu yang telah kami tetapkan tidak ada respon maka tim bawaslu yang terdiri dari Bawaslu bengkalis, Panwaslu, PKD dan Satpo PP langsung terjun kelapangan untuk menertibkan APS tersebut,"ujarnya.


Diakuinya, penertiban hari ini dilakukan secara serentak di 11 kecamatan se kabupaten Bengkalis yang melibatkan Satpol PP.

"Namun, data ini baru sementara karena belum semua kecamatan mengirimkan data penertiban APS ini,"ujarnya lagi. 

Sedangkan, lanjut Usman, untuk Kecamatan yang belum mengirimkan data yaitu Kecamatan Bengkalis, Kecamatan Mandau, Kecamatan Bukit Batu, dan Kecamatan Pinggir.(hari)