Antisipasi Wabah Corona dari Malaysia, DPRD Bengkalis Minta Pemerintah Waspada di Pelabuhan BSSR Selat Baru

Antisipasi Wabah Corona dari Malaysia, DPRD Bengkalis Minta Pemerintah Waspada di Pelabuhan BSSR Selat Baru

21 Maret 2020
Alat pendeteksi suhu tubuh di pelabuhan BSSR Bengkalis

Alat pendeteksi suhu tubuh di pelabuhan BSSR Bengkalis

RIAU1.COM - Anggota DPRD Bengkalis Surya Budiman meminta Pemkab Bengkalis untuk terus meningkatkan kewaspadaan terhadap wabah virus corona atau Covid-19 di Bengkalis. 

Politisi PKB ini mengatakan, kewaspadaan itu harus ditingkatkan terutama di Pelabuhan Bandar Sri Setia Raja (BSSR) Selat Baru, Kecamatan Bantan. Sebab, berdasarkan informasi yang diperolehnya, penyebaran virus corona rentan di bawa oleh seseorang yang terjangkit saat berada di luar negeri.

"Berharap Pemkab Bengkalis meningkatkan lagi kewaspadaan dalam menghadapi penyebaran virus corona, seperti peralatan cek suhu tubuh di pelabuhan, terutama pelabuhan internasional Selat Baru," ucapnya, Sabtu 21 Maret 2020.

"Dari data yang kami terima, virus ini bersifat imported case yakni berasal dari luar. Bisa jadi karena sedang bekerja atau berpergian ke Negeri Jiran, Malaysia," terangnya.

Menurutnya, Pemkab Bengkalis layak menyediakan tempat karantina, mengingat ramainya warga yang pulang ke Riau dari Malaysia melalui Bengkalis. Bukan tidak mungkin, lepas dari pemeriksaan suhu tubuh, besoknya mengalami keluhan layaknya gejala Covid-19.

Senada juga disampaikan anggota DPRD Mawardi. Ia mengaku, dirinya banyak dihubungi warga terhadap kekhawatiran kepulangan penumpang dari BSSR. 

Ketua PBB Bengkalis ini menyatakan, kekhawatiran warga terhadap aktivitas keberangkatan di BSSR wajar. Apalagi pelabuhan itu melayani rute ke Negeri Jiran Malaysia yang merupakan daerah terjangkit Covid-19.

"Kita sangat mengapresiasi kinerja tenaga kesehatan kita baik para dokter, perawat dan unsur lainnya yang bekerja dengan baik untuk membantu pasien suspect Covid-19. Kita akan mendorong agar pemerintah kabupaten Bengkalis menjamin ketersediaan fasilitas yang diperlukan dan meningkatkan kesejahteraan bagi tenaga kesehatan kita," tandasnya.