BPBD Bengkalis Pastikan Lahan Warga yang Terbakar di Desa Akit Jaya Sudah Teratasi

BPBD Bengkalis Pastikan Lahan Warga yang Terbakar di Desa Akit Jaya Sudah Teratasi

29 Desember 2019
Ilustrasi karlahut

Ilustrasi karlahut

RIAU1.COM - Kepala BPBD Bengkalis, Tajul Mudaris menyatakan kebakaran lahan yang terjadi di Desa Akit Jaya, Kembung Baru, Kecamatan Bantan sudah dapat teratasi, Sabtu 28 Desember 2019.

"Sudah dapat kita tangani, sore ini petugas melakukan pemadaman dan pendinginan di lokasi sudah kita tarik," sebutnya, Ahad 29 Desember 2019.

Tajul menuturkan, kebakaran lahan tanah gambut bermula, Jumat 27 Desember 2019 sore kemarin, diperkiraan dengan luas lebih kurang 2 hektare.

"Kondisi di lapangan, api sudah padam dan hingga sore tadi petugas gabungan melakukan pendinginan bekas lahan terbakar karena masih mengeluarkan asap," tuturnya.

Tajul Mudaris merincikan, petugas gabungan yang diekrahkan terdiri dari BPBD 10 orang, TNI 7 orang, Polri 10 orang dan PT RRL 9 orang.

"Peralatan yang digunakan dari BPBD Bengkalis, yakni mesin kohler 1 unit, mesin 9 AP 1 unit, mini straker 1 unit, selang 25 roll, why 4 buah dan nozlee 5 buah," jelasnya.

Pihaknya juga mengerahkan peralatan dari tim gabungan, berupa mini straker 1 unit, selang 10 roll dan nozle 1 buah milik TNI.

Kemudian, dari Polri digunakan mini straker 1 unit, selang 10 rool dan nozlee 1 buah. Sementara peralatan dari PT RRL berupa mesin 3 buah, selang 20 roll dan nozlee 4 buah.

"Meski sudah teratasi, kita akan memantau daerah rawan bencana dan titik hotspot secara online, agar penanggulangan bencana cepat ditangani," pungkasnya.