Hearing, Komisi IV DPRD Bengkalis Minta Disdik Perhatikan Fasilitas Sekolah dan Guru Honor

Hearing, Komisi IV DPRD Bengkalis Minta Disdik Perhatikan Fasilitas Sekolah dan Guru Honor

22 Oktober 2019
Komisi IV DPRD Bengkalis hearing dengan Disdik Bengkalis

Komisi IV DPRD Bengkalis hearing dengan Disdik Bengkalis

RIAU1.COM - Komisi IV DPRD Bengkalis meminta penjelasan Dinas Pendidikan (Disdik) Bengkalis terkait dengan realisasi anggaran tahun 2019, Senin 21 Oktober 2019 petang kemarin.

Hal ini dilakukan jelang pembahasan Rancangan Kebijakan Umum Anggaran (RKUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) tahun anggaran 2020. 

Hearing dipimpin langsung Ketua Komisi IV DPRD Bengkalis Sofyan didampingi Wakil Ketua Samsu Dalimunthe, Sekretaris Komisi IV Irmi Syakip Arsalan dan sejumlah anggota komisi IV.

Kepala Disdik Bengkalis, Edi Sakura hadir langsung dalam hearing dengan Komisi IV DPRD Bengkalis dengan didampingi sejumlah kepala bidang dan staf.

Pembahasan ini meminta Disdik Bengkalis untuk dapat menjelaskan secara detail menyangkut masalah realisasi anggaran tahun 2019.

"Kita harapkan Disdik dapat menjelaskan terkait realisasi anggaran 2019, karena kami melihat masih banyaknya kebutuhan-kebutuhan menyangkut honor guru, pembangunan dan fasilitas sekolah yang belum terpenuhi. Kami ingin mengetahui apa kendalanya," kata Sofyan, Selasa 22 Oktober 2019.

Dalam kesempatan itu, Sofyan mengusulkan, perlu adanya inovasi pendidikan berbasis digital yang bisa berkolaborasi dengan para guru, sekolah dan Disdik untuk mengembangkan pendidikan. Teknologi baru ini sudah dikembangkan di Pulau Jawa.

"Disdik harus mengutamakan skala prioritas, sekolah-sekolah agama harus diperhatikan termasuk guru-guru. Ini perlu adanya pengawasan yang ketat dari Disdik, kalau perlu buat standardisasi pengajaran," sebutnya.

Sementara itu, Sekretaris Komisi IV DPRD Bengkalis, Irmi Syakip Arsalan menyayangkan hibah pembangunan sekolah-sekolah agama sudah masuk triwulan keempat masih belum direalisasikan.

Padahal, penganggarannya sudah melalui proses cukup panjang. "Kami meminta Disdik serius mewujudkan aspirasi sekolah dan masyarakat ini," sebutnya.

Terpisah, anggota Komisi IV DPRD Bengkalis, Rahmah Yenni meminta Kadisdik Bengkalis dan jajarannya untuk memperhatikan honor guru PAUD dan fasilitasnya terutama di Siak Kecil.

Kadisdik Bengkalis, Edi Sakura menyebutkan, program dan kegiatan yang dilaksanakan harus mengikuti aturan yang ada. Pihaknya akan berusaha pembangunan seperti yang diharapkan oleh masyarakat dapat terpenuhi tahun anggaran 2020 mendatang.

"Kami usahakan pembangunan tersebut pada anggaran 2020, dan kami sangat berharap adanya kerja sama dari Komisi IV DPRD untuk mewujudkannya," pungkasnya.