Kasus Positif Terus Meningkat, Bupati Inhil Langsung Pimpin Rapat Upaya Pencegahan  Covid 19

Kasus Positif Terus Meningkat, Bupati Inhil Langsung Pimpin Rapat Upaya Pencegahan  Covid 19

25 Juni 2020
Bupati Inhil pimpin rapat bersama tim gugus tugas

Bupati Inhil pimpin rapat bersama tim gugus tugas

RIAU1.COM -Bupati Indragiri Hilir (Inhil) HM Wardan bersama unsur pimpinan tim gugus tugas menggelar rapat dalam rangka upaya pencegahan dan penanganan Virus Corona, Rabu 24 Juni 2020 kemarin.

Pada kesempatan tersebut, bupati mengakui terjadi peningkatan kasus positif Covid-19 dalam beberapa hari belakangan ini di Kabupaten Inhil karena adanya program swab massal yang telah dilakukan.

Hal tersebut berarti, semakin banyak swab yang dilakukan maka semakin banyak pula kemungkinan ditemukan kasus tersebut sehingga upaya ini merupakan langkah tim Gugus Tugas Covid-19 untuk mengantisipasi penyebaran virus itu. 

"Supaya persoalan ini tidak menimbulkan kepanikan ditengah masyarakat, kita perlu menjelaskan bahwa swab merupakan antisipasi penyebaran virus," tegas bupati. 

Dengan demikian, bupati yang juga merupakan ketua tim Gugus Tugas Covid 19 Inhil, meminta para peserta rapat menyampaikan masukkan sehingga melalui masukkan dan saran itu dapat diambil langkah pencegahan yang lebih rill.

"Menurut saya, penerapan protokol kesehatan tetap menjadi yang utama dalam menekan kasus-kasus baru," papar bupati.

Terjadinya peningkatan kasus, lanjut Bupati, setidaknya meski harus menjadi motivasi bagi tim dalam melaksanakan tugas pencegahan, termasuk dalam mengingatkan masyarakat agar mereka lebih disiplin.

"Kita lihat banyak masyarakat mulai lengah. Ini harus menjadi perhatian kita bersama," cetusnya.

Saran lain, tim Gugus akan memperketat penyediaan sarana-sarana yang seusai protokol kesehatan, antara lain penyediaan tempat-tempat cuci tangan, baik ditempat umum maupun perkantoran.

Sementara itu, Ketua tim medis, dokter Aleksis, menerangkan berdasarkan penjelasan medis maka dalam satu orang akan berpotensi menularkan empat orang khusus untuk Provinsi Riau, demikuan pula untuk Indragiri Hilir (Inhil).

"Kalau kasus hari ini, ada yang masuk dalam PDP, tracking dan Swab massal. Ini salah satu penyebab terjadi peningkatan kasus," terangnya.

Dirinya mengaku salut kepada para petugas medis yang dapat menemukan kasus-kasus baru, artinya mereka telah bekerja, sehingga dapat menemukan kasus positif Covid 19 seperti yang terjadi beberapa hari belakangan. (Diskominfops/Adv)