Kunjungi Istana Siak, Ini Pesan Ustaz Abdul Somad

Kunjungi Istana Siak, Ini Pesan Ustaz Abdul Somad

21 Juni 2020
Ustaz Abdul Somad saat berkunjung ke Istana Siak

Ustaz Abdul Somad saat berkunjung ke Istana Siak

RIAU1.COM - Ustaz kondang asal Riau Prof H Abdul Somad Batubara, Lc., D.E.S.A., Ph.D., yang memiliki gelar Datuk Seri Ulama Setia Negara itu berpesan kepada masayarakat untuk dapat memahami sejarah dan memberikan pemahaman sejarah kepada anak-anak saat mengunjungi Istana Asserayah Alhasyimiyah, di Siak Sriindrapura, Ahad 21 Juni 2020.

Dengan dibukanya kembali Istana Siak Sri Indrapura di Kabupaten Siak pada Senin 22 Juni 2020, ia berharap ini menjadi kilas sejarah yang dapat dipahami oleh masyarakat Riau.

"Ajarkan anak-anak kita mengenal sejarah bangsanya, orang yang tidak tahu sejarah maka dia tak akan menghargai masa lalu nenek moyangnya," kata UAS, dalam video singkat di akun Instagram pribadinya.

Pria yang lahir 43 tahun silam itu juga menyampaikan,  Istana Siak telah dibangun sejak tahun 1723 hingga masa kejayaannya berakhir tahun 1946. Sampai pada akhirnya Sultan Syarif Kasim II menyerahkan dan bergabung ke Negara Kesatuan Republik Indonesia yang masa itu dipimpin Presiden Soekarno.

Menurutnya, orang yang belum sampai ke Siak, berarti belum sampai ke Riau. Artinya belum sampat melihat negeri Melayu.

"Ini tugas kita untuk menceritakan dan menunjukkan kepada anak-anak kita tentang sejarah bangsa. Anak-anak kita tak akan pernah tahu sejarah bangsanya, dia tidak cinta, dia tidak mengerti dan paham. Kita pun mungkin menceritakannya sulit, makanya mari kita bawa mereka kemari (Istana Siak, red) untuk memahami sejarah," ujarnya.

Sejak pandemi Corona, ikon sejarah dan budaya kerajaan Melayu tersebut ditutup, dan  kembali dibuka pada Senin 22 Juni 2020. Bagi masyarakat yang berkunjung, kita harap dapat mengikuti dan mematuhi protokol kesehatan.

"Dengan melihat ini maka kita akan menjadi bangsa yang bangga, dan kita cinta NKRI. Pendahulu-pendahulu kita, sultan-sultan kita telah memperlihatkan itu," pungkasnya.(adv)