Dua Hektar Lahan Swait di Agam Terbakar dan Masih Meluas

Dua Hektar Lahan Swait di Agam Terbakar dan Masih Meluas

15 Februari 2021
Petugas melakukan pemadaman kebakaran lahan di Agam. (foto: AMCNews.co.id)

Petugas melakukan pemadaman kebakaran lahan di Agam. (foto: AMCNews.co.id)

RIAU1.COM -Sekitar dua hektar lahan sawit di Agam terbakar dan masih menyala. Kebakaran lahan sawit yang terjadi di Jorong Aia Maruok, Nagari Persiapan Durian Kapeh Darusalam, Kecamatan Tanjung Mutiara, Agam masih terjadi dan meluas. Petugas gabungan masih berupaya memadamkan api.


“Hingga kini kita masih melakukan proses pemadaman yang dibantu Polri, Satpol PP-Damkar, dan masyarakat,” ujar Kabid KL BPBD Agam, Syafrizal, Minggu (14/2/2021).

Dia menyebut, lahan yang terbakar sudah mencapai dua hektar. Proses pemadaman terkendala karena sulitnya sumber air di sekitar lokasi. “Upaya pemadaman kita memanfaatkan dua unit mesin portable pompa apung pemadam kebakaran,” ucapnya.


 
Sebelumnya diberitakan, Berdasarkan laporan Pusdal Ops BPBD Agam, lahan yang berisi kelapa sawit ini terbakar Jumat (12/2). Kebakaran lahan ini pertama kali diketahui oleh warga bernama Efendi (45) sekitar pukul 18.00 WIB.

“Mengetahui hal itu, Efendi bersama masyarakat berupaya padamkan api menggunakan peralatan seadanya. Tapi usaha yang mereka lakukan sia-sia, karena api sulit untuk dipadamkan,” kata Kabid KL BPBD Agam Syafrizal, Sabtu (13/2/2021). (Langgam.id)