Pimpin IKMR Siak 2019-2024, Syamsurizal Bertekad Satukan Urang Awak Majukan Negeri Istana Matahari Timur

Pimpin IKMR Siak 2019-2024, Syamsurizal Bertekad Satukan Urang Awak Majukan Negeri Istana Matahari Timur

18 September 2019
Ketua IKMR Siak terpilih, Syamsurizal

Ketua IKMR Siak terpilih, Syamsurizal

RIAU1.COM - Ikatan Keluarga Minang Riau (IKMR) Siak periode 2019-2024 dipimpin Syamsurizal. Ia terpilih pada Musyawarah Daerah (Musda) IKMR Kabupaten Siak, pada 15 September 2019 di Hotel Grand Royal, Siak Sri Indrapura.

"Alhamdulillah, Musda selesai dengan lancar, dan saya diberikan amanah oleh Urang Awak melalui proses itu," kata Syamsurizal, Rabu 18 September 2019.

Ia menceritakan, pada Musda itu dirinya mendapat 25 suara, sementara calon lain yakni Rudi dengan 4 suara dan Ismadi dengan 1 suara.

Dari 8 IKMR Kecamatan masing-masing mempunyai 3 suara ditambah 3 suara dari Ikatan Keluarga Luhak Tanah Datar (IKLTD) dan 3 suara dari PKDP.

"Setelah Musda ini kita rencanakan pelantikan. Sebelumnya kita clear-kan dulu nama-nama yang bakal masuk kepengurusan," ujarnya.

Pelantikan direncakan pada bulan November 2019 mendatang di Lapangan Siak Bermadah, Siak. Tema yang bakal diusung, 'Baralek Gadang Urang Awak, Manjapuik Nan Tatingga, Mangumpuakan Nan Taserak'.

Pada pelantikan itu juga digelar stan bazar kuliner khas Minang. Bagi peminat kuliner khas Minang bisa mendapatkannya di lokasi pelantikan nanti. Seperti kolak sarabi, bubua puluik itam, pangek pisang, lapek, katan goreng pisang dan lain-lain.

Loading...

"Kita berkeinginan menyatukan orang Minang yang berada di Kabupaten Siak, untuk berperan serta dalam pembangunan dan kemajuan kabupaten Siak ini," sebutnya.

Menurutnya, potensi orang Minang di Kabupaten Siak sangat besar. Di setiap kecamatan di Kabupaten Siak ada komunitas Urang Awak, yang menggeluti berbagai profesi. Baik sebagai pedagang, pegawai, TNI-Polri maupun bekerja di perusahaan-perusahaan swasta dan BUMN.

"Jumlah orang Minang di Kabupaten Siak sekitar 45 ribu. Selama ini kita semua sudah cukup bersatu namun perlu kita tingkatkan," ucap pria yang juga menjabat sebagai Sekretaris Satpol PP Siak tersebut. 

Menurut Syamsurizal, pihaknya akan merangkul semua kalangan perantau Minang di Kabupaten Siak untuk meningkatkan kebersamaan. Ada beberapa partisipasi Urang Awak yang harus ditingkatkan, yakni partisipasi ke dalam dan partisipasi ke luar.

"Partisipasi ke dalam ini adalah berpartisipasi aktif untuk saling membantu, saling tahu-mengetahui antara sesama Urang Awak yang ada di Siak. Partisipasi ke luar merupakan ikut serta dalam pembangunan dan mendorong kemajuan Kabupaten Siak," pungkasnya.