Warga Resah, Truk ODOL yang Parkir di Bahu Jalan Tak Ditindak Petugas

Warga Resah, Truk ODOL yang Parkir di Bahu Jalan Tak Ditindak Petugas

14 September 2019
Truk ODOL parkir di bahu jalan di Siak

Truk ODOL parkir di bahu jalan di Siak

RIAU1.COM - Truk Over Dimensi Over Load (ODOL) kembali meresahkan warga. Kali ini berada di jalan lintas Tanjung Buton, Mengkapan, Kecamatan Sungai Apit, Siak.

Tampak pemandangan truk ODOL bermuatan cangkang yang bebas terparkir di bahu jalan dan tak pernah ada penindakan dari petugas.

"Pemandangan seperti ini sudah setiap hari kami rasakan, padahal truk seperti itu tidak diperbolehkan parkir di bahu jalan. Namun sampai hari ini, mereka bebas saja parkir sesuka hati mereka," ungkap Ijon, Sabtu 14 September 2019.

Pemuda Siak itu juga mengatakan, didaerah tersebut banyak stockpile yang diduga tidak mengantongi Analisis Dampak Lalu Lintas (Andalalin), tapi pemerintah tetap mengeluarkan Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Padahal, Andalalin merupakan syarat untuk penerbitan IMB.

"Jika seperti ini, yang mengeluarkan izin berarti asal-asalan, coba lihat perbub Nomor 12 tahun 2019, dinas perhubungan seharusnya mengerti akan hal ini, dan Satlantas Polres Siak kenapa seakan tutup mata dengan hal ini," ucapnya.

Dari informasi yang diperoleh Riau1.com, mobil ODOL muatan cangkang tersebut handak masuk ke Stockpile milik PT Biomases Fuel Indonesia yang berada di kawasan Tanjung Buton.

Sementara itu, Kasatlantas Polres Siak, AKP Brigitta Atvina Wijayanti serta Kabid Pengendalian dan Operasional (Dal Ops) Dinas Perhubungan Kabupaten Siak belum memberikan keterangan terkait belum adanya penindakan ODOL di wilayah pelabuhan kebanggaan Negeri Istana Matahari Timur Kabupaten Siak tersebut.