//riau1.com/

#siak

3 ISPU Bertahun-tahun Tak Berfungsi, DLH Siak Segera Surati Pemprov

R1/rizal


Salah satu ISPU yang ada di Kabupaten Siak yang sudah lama rusak Salah satu ISPU yang ada di Kabupaten Siak yang sudah lama rusak

RIAU1.COM - Meski kebakaran lahan di Kabupaten Siak, Riau sudah berlangsung hampir tiga pekan, namun tidak ada tanda-tanda tiga unit indeks standar pencemaran udara (ISPU) yang ada di kabupaten itu membaik.

Hingga saat ini, ISPU yang berada di Kota Siak tepatnya di sekitar Simpang Kualian, depan Kantor Camat Perawang dan depan Kantor Camat Lama Kandis, rusak dan tidak ada tanda-tanda akan diperbaiki.

"Kami sudah mengajukan perbaikan sejak 2018 lalu, namun hingga saat ini belum ada diperbaiki,” ungkap Kabid Bidang Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Hidup DLH Siak, Ardhayani, Selasa 13 Agustus 2019.



BACA JUGA : 7 Ruko di Pasar Sungai Apit Siak Hangus Terbakar

Bupati Siak, Alfedri sudah meminta DLH Siak untuk mengajukan ulang perbaikan ketiga ISPU tersebut, untuk memantau kondisi udara apakah semakin sehat atau seperti apa.

"Suratnya saat ini sedang kami siapkan, dan dalam beberapa hari ke depan akan kami kirim ke provinsi,” ungkapnya.

Dalam situasi udara berasap seperti ini, semua pihak mengharapkan ISPU berfungsi, namun upaya DLH Siak hingga kini belum ditanggapi. "Jangankan untuk perawatan, perbaikan saja belum ada," sebutnya.



BACA JUGA : 276 Jamaah Haji Siak akan Kembali ke Tanah Air tanggal 4-5 September 2019

Informasi yang didapat, perbaikan ISPU relatif mahal, demikian juga perawatannya, namun dalam situasi seperti ini, hendaknya pihak provinsi dapat merespon lebih cepat dalam memperbaikinya.

Memang perlu solusi agar ISPU dapat tetap berfungsi, misalnya dengan panel surya jika kerusakan karena listrik naik turun dan tidak stabil.

"Mudah-mudahan dengan surat berikut ini nantinya, kerusakan dapat diperbaiki dan ISPU dapat berfungsi seperti semula," pungkasnya.


Informasi
Tlp +62 853 2000 4928
Email : info@riau1.com
(Sertakan data diri)