//riau1.com/

#siak

Hari ini Sebagian Wilayah Siak Mulai Diguyur Hujan Ringan

R1/rizal


Data kualitas udara di Siak Data kualitas udara di Siak

RIAU1.COM - Kebakaran lahan dan hutan (karlahut) yang terjadi di Provinsi Riau beberapa pekan ini membuat sejumlah daerah di Bumi Lancang Kuning diselimuti Kabut Asap.

Hari ini, Senin 12 Agustus 2019 Pemkab Siak bersama ribuan masyarakat  menggelar salat Istisqa berjamaah di Lapangan Tugu depan Istana Siak.



BACA JUGA : Masyarakat Siak Dapat Manfaatkan Layanan Autodebit untuk Pembayaran Iuran BPJS Kesehatan

Doa ribuaan masyarakat ini seperti diijabah oleh Sang Pencipta, pasalnya, dibeberapa wilayah Kabupaten Siak seperti Kecamatan Minas, Tualang, Mandau, Koto Gasib hingga Siak mulai dibasahi hujan dengan intensitas ringan.

"Alhamdulillah, Allah mungkin mengijabah doa kita semua. Meski hanya sebentar, hari ini dibeberapa wilayah kita telah turun hujan ringan," ungkap Kepala DLHK Siak, Syafrilenti melalui Kabid Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Ardayani, Senin 12 Agustus 2019.

Dirinya memaparkan, dari data Air Quality Monitoring (AQM) milik BMKG, sekira pukul 07.00 WIB hingga pukul 08.00 WIB, kualitas udara mulai tidak sehat. Hal ini ditandakan dengan munculnya warna kuning di tabel PM10 atau Range warna Psi.



BACA JUGA : Bupati Siak Tinjau dan Beri Bantuan Korban Kebakaran Pasar Sungai Apit

"Pukul 07.00 hingga 08.00 WIB tadi udara kembali tidak sehat, namun pada pukul 09.00 WIB hingga 10.00 WIB udara kita kembali menyentuh tabel bewarna biru yang artinya sedang baik, dan pada pukul 11.00 WIB pada range warna Psi itu terlihat kembali berwarna kuning," terangnya.

Diketahui, PM10 merupakan partikel udara yang berukuran lebih kecil dari 10 mikron dan nilai ambang batas (NAB) adalah batas konsentrasi polusi udara yang diperbolehkan berada dalam udara ambien NAB PM10 yakni 150 gram/m3.

Meski hujan ringan mulai turun, warga dihimbau untuk tetap menggunakan masker saat berada diluar rumah.


Informasi
Tlp +62 853 2000 4928
Email : info@riau1.com
(Sertakan data diri)