//riau1.com/

#siak

Buka Rapat Forkopimda, Alfedri sampaikan beberapa pesan Presiden Soal Karlahut

R1/rizal


Bupati Siak, Alfedri saat memimpin rapat Forkopimda Bupati Siak, Alfedri saat memimpin rapat Forkopimda

RIAU1.COM - Bupati Siak, Alfedri mebuka secara resmi Rapat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Siak tahun 2019, di Ruang Rapat Raja Indra Pahlawan Kantor Bupati Siak, Kamis 8 Agustus 2019.

Alfedri mengatakan, rapat Forkopimda ini merupakan tindak lanjut dari Rakornas Penanggulangan Karlahut 2019 di Istana Negara, Jakarta beberapa waktu lalu.

"Selasa kemarin, Presiden RI Joko Widodo, mengundang seluruh kepala daerah serta pihak terkait, dan menegaskan untuk serius dalam menangani masalah karlahut ini, terkhusus bagi wilayah yang rawan kebakaran," kata Alfedri.



BACA JUGA : Masyarakat Siak Dapat Manfaatkan Layanan Autodebit untuk Pembayaran Iuran BPJS Kesehatan

Ada beberapa hal yang diintruksikan oleh Presiden, sambung Alfedri, terkait dengan penanganan kasus kebakaran hutan dan lahan.

"Babinsa dan Bhabinkamtibmas, diharuskan mengecek langsung jika akan ada titik api, sehingga penanggulangannya akan bisa dilaksanakan secepat mungkin," jelas Alfedri.

Selain itu, untuk mencegah karlahut, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yakni patroli terhadap pontesi titik api lebih ditingkatkan, menjaga kelembaban lahan gambut, dan menjaga ekosistem lahan gambut.



BACA JUGA : Bupati Siak Tinjau dan Beri Bantuan Korban Kebakaran Pasar Sungai Apit

"Untuk di setiap kecamatan, agar dapat melakukan patroli dilahan masyarakat, sehingga akan ada rasa takut bagi masyarakat untuk membakar dilahan mereka," harap Bupati Siak tersebut.

Kemudian, untuk mencegah terjadinya Karhutla, Pemerintah bersama masyarakat harus rutin mensosialisasikan bahaya membakar hutan dan lahan.

"Sekarang pelaku pembakaran hutan dan lahan dengan sengaja, akan mendapatkan sangsi yang tegas dari pihak kepolisian," pungkasnya.


Informasi
Tlp +62 853 2000 4928
Email : info@riau1.com
(Sertakan data diri)