//riau1.com/

#siak

Jokowi Minta Kepala Daerah di Riau Fokus Atasi Karlahut, Ini Kata Bupati Siak Alfedri

R1/rizal


Bupati Siak, Alfedri Bupati Siak, Alfedri

RIAU1.COM - Bupati Siak, Alfedri menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengendalian Kebakaran Lahan dan Hutan (Karlahut) tahun 2019 di Istana Negara Jakarta,  Selasa 6 Agustus 2019.

Rakornas Pengendalian Karlahut 2019 itu, Presiden RI memberikan pengarahan kepada seluruh peserta, mulai dari gubernur, kapolda, bupati/walikota se-Indonesia.



BACA JUGA : Masyarakat Siak Dapat Manfaatkan Layanan Autodebit untuk Pembayaran Iuran BPJS Kesehatan

Presiden RI, Jokowi meminta pemerintah daerah terkait di kawasan rawan karlahut untuk memprioritaskan langkah-langkah pencegahan.

"Yang paling penting, pencegahan. Jangan sampai api sudah membesar baru kita bingung menanggulangi. Kalau apinya sudah membesar, apalagi di lahan gambut, sangat sangat sulit sekali padamnya," kata Jokowi.

Sementara itu, Bupati Siak, Alfedri mengatakan, dalam rapat tersebut dibahas prinsip bagaimana kepala daerah hingga ke jajaran terendah untuk bersama-sama selalu mengingatkan masyarakat memprioritaskan pencegahan, agar tidak terjadi karlahut.



BACA JUGA : Bupati Siak Tinjau dan Beri Bantuan Korban Kebakaran Pasar Sungai Apit

Selain itu, ia juga mengungkapkan, karlahut tahun ini sedikit meningkat dari tahun 2018 lalu. Untuk itu, setiap kepala daerah dikumpulkan kembali agar karlahut bisa segera diselesaikan.

"Untuk mengelola lahan perkebunan jangan dengan cara membakar, tapi bagaimana agar tidak membakar lahan. Jangan sekali-kali membakar hutan dan lahan. Mari tingkatkan patroli serta tingkatkan penegasan hukum sesuai dengan apa yang ditegaskan oleh Presiden," pungkasnya.


Informasi
Tlp +62 853 2000 4928
Email : info@riau1.com
(Sertakan data diri)