Pengurus Genre Siak 2019-2020 Dilantik, Diharapkan Bisa Menekan Angka Pernikahan Dini

Pengurus Genre Siak 2019-2020 Dilantik, Diharapkan Bisa Menekan Angka Pernikahan Dini

9 Juli 2019
23 Pengurus Genre Siak resmi dilantik

23 Pengurus Genre Siak resmi dilantik

RIAU1.COM - Asisten Administrasi Umum Sekdakab Siak, Jamaludin melantik 23 orang pengurus Forum Genre Siak periode 2019-2020 dan Penguatan Pengelola PIK Remaja se-Kabupaten Siak tahun 2019, di Gegung Darma Wanita Siak.

Dalam sambutannya Jamaludin menyampaikan, Genre Siak merupakan suatu wadah generasi muda yang tergabung dalam beberapa sekolah yang ada di Negeri Istana Matahari Timur.

"Genre ini sudah lama berdiri di Kabupaten Siak, dan sudah aktif dengan melakukan banyak kegiatan namun belum di kukuhkan, Alhamdulillah hari ini sudah dilantik," sebut Jamaludin, Selasa 9 Juli 2019.

Jamal melanjutkan, sebagaimana kita ketahui, program BKKBN sejak berdirinya adalah dalam rangka untuk bagaimana mengatur jarak kelahiran bagi seorang ibu.

"Karena memang kelahiran sebagai seorang wanita itu perlu diatur, supaya ibu itu sendiri bisa hidup sehat sampai generasi tuanya, begitu juga kepada anak yang dilahirkan menjadi anak yang sehat cerdas sebagai generasi penerus untuk masa yang akan datang," ujarnya.

Jamal menuturkan, Program Keluarga Berencana (KB) tidak hanya terbatas pada diskursus terkait alat kontrasepsi dan upaya menanggulangi kehamilan, tapi juga terkait dengan konsep perencanaan berkeluarga. Sehingga kedepan masyarakat, khususnya kaum muda berkesempatan merencanakan dan membangun keluarga yang sejahtera.

"Oleh sebab itulah wadah Genre ini sangat penting bagi generasi muda khususnya di Kabupaten Siak, oleh sebab itu juga Pemerintah Kabupaten Siak peduli sekali terjadap generasi muda yang ada di Kabupaten Siak ini," ucapnya.

Masih kata Jamal, kehadiran Genre dikalangan muda diharapkan mampu menekan tingginya pernikahan di usia muda, yang belakangan marak terjadi pada generasi kita khususnya Kabupaten Siak. "Program Genre mengajak generasi muda berfikir jauh kedepan merencanakan kehidupan," pungkasnya.

Tampak Hadir dalam pelantikan itu, Kepala Perwakilan BKKBN Riau Agus Putro Proklamasi, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Siak Darussalim, dan Perwakilan PIK Remaja Kabupaten Siak, serta OPD terkait.(R1)
 

Penulis: M Rizal Iqbal