600 Lebih Mahasiswa UR Gelar Kukerta di 7 Kecamatan di Siak

600 Lebih Mahasiswa UR Gelar Kukerta di 7 Kecamatan di Siak

25 Juni 2019
Sekda Siak, Tengku Said Hamzah bersama ratusan mahsiswa UR yang menggelar kukerta di tujuh kecamatan di Kabupaten Siak

Sekda Siak, Tengku Said Hamzah bersama ratusan mahsiswa UR yang menggelar kukerta di tujuh kecamatan di Kabupaten Siak

RIAU1.COM - 600 lebih mahasiswa Universitas Riau (UR) melaksanakan program Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) di Kabupaten Siak selama beberapa bulan kedepan.

Para peserta kukerta dari almamater langit biru tersebut tiba di Gedung Sekretariat Daerah (Sekda) Komplek Perkantoran Tanjung Agung, Siak dan diterima secara resmi oleh Sekda Siak, Tengku Said Hamzah, Selasa 25 Juni 2019.

Kehadiran para mahasiswa yang melaksanakan tugas pengabdian kepada masyarakat itu, diharapkan dapat memberi warna tersendiri bagi kemajuan masyarakat khususnya di kampung-kampung yang menjadi lokasi kukerta.

Hamzah mengatakan, penetapan Kabupaten Siak sebagai lokasi kukerta merupakan suatu penghargaan tersendiri. Sebab, pemerintah daerah (pemda) dapat menerima masukan berharga dan kontribusi ideo kreatif dari para mahasiswa dalam memajukan kehidupan masyarakat.

"Tentunya kami mengharapkan kampung-kampung yang menjadi lokasi penempatan adik-adik mahasiswa dapat terbantu untuk menggali dan menemukan potensi-potensi yang ada, sehingga kita bisa memetakan kebutuhan masyarakat terkait apa yang harus dibuat dan dilakukan," kata Hamzah.

Hamzah memaparkan, seandainya kedepan terdapat hal-hal yang perlu segera dibenahi untuk memaksimalkan potensi di desa tersebut, ia meminta para mahasiswa peserta kukerta agar dapat meneruskannnya sebagai masukan bagi pemda.

Pada Kukerta kali ini, Kabupaten Siak ditetapkan menjadi lokasi dengan 6 jenis program kukerta yang terbagi pada tujuh kecamatan di Kabupaten Siak, diantaranya Kecamatan Bungaraya, Koto Gasib, Lubuk Dalam, Sabak Auh, Siak, Sungai Apit dan Tualang.

Loading...

Sementara itu, Koordinator Kukerta UR, Yustina menjelaskan, peserta kukerta keseluruhan berjumlah 625 orang, dan akan didampingi 16 orang Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) yang terbagi pada tujuh kecamatan.

Masih kata Yustina, tahun ini program kukerta juga dilaksanakan di 10 kabupaten se-Riau, Sumatera Utara dan Ternate. Namun khusus Kabupaten Siak, tahun ini menjadi lokasi kukerta yang mendapat variasi terbanyak dari keseluruhan program kukerta.

"Ada 6 jenis kukerta yang akan dilaksanakan di Kabupaten Siak ini, diantaranya program kukerta penggagas hasil riset dosen yakni Kukerta Terintegrasi, kemudian program Kukerta terbaru tahun ini yaitu PUPR, Kukerta Program Kreatif Mahasiswa (PKM), Kukerta Revolusi Mental (RM), Kukerta Tematik  dan Kukerta Pengabdian dan Pendidikan (PPM)," jelas perempuan penyandang gelar doktor tersebut.(R1)


Penulis: M Rizal Iqbal