//riau1.com/

#riau

Gedung Tinggi di Pekanbaru Lenyap Ditelan Asap pekat, 258 Titik Panas Kepung Riau Pagi Ini

R1/hadi


Gedung Bank Riau Kepri tak terlihat lagi akibat kabut asap pekat di Pekanbaru. Bila normalnya, gedung tersebut akan terlihat jelas dalam radius yang cukup jauh (Foto Riau1/Rabu pagi) Gedung Bank Riau Kepri tak terlihat lagi akibat kabut asap pekat di Pekanbaru. Bila normalnya, gedung tersebut akan terlihat jelas dalam radius yang cukup jauh (Foto Riau1/Rabu pagi)

RIAU1.COM -Jumlah titik panas atau hotspot di Provinsi Riau, belum juga mengalami penurunan yang signifikan. Bahkan pada pengamatan citra satelit Rabu 11 September 2019 pagi, sebaran hotspot di Riau sudah berjumlah 258 titik.

Hotspot tersebut berlevel confidence di atas 50 persen dan tersebar disembilan kabupaten dan kota di Provinsi Riau. Menurut data Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), terbanyak berada di Inhil.

Dirincikan, ada 143 sebarab titik panas di Kabupaten Inhil saja. Sisanya antara lain di Pelalawan berjumkah 47 titik, Rohil 23 titik panas, 25 hotspot di Inhu, sembilan di Bengkalis, lima hotspot di Kampar, tiga di Kuansing dan dua di Rohul serta satu titik di Dumai.



BACA JUGA : Terpapar ISPA, Sudah 31 Ribu Lebih Masyarakat Riau Kunjungi Sarana Kesehatan

Iklan Riau1

Dari totoal 258 titik panas itu, 166 diantaranya berlevel confidence (tingkat kepercayaan, red) di atas 70 persen, atau merupakan titik api yang muncul akibat terjadinya kebakaran lahan dan hutan (Karhutla).

Itu terdapat antara lain di Bengkalis, Kampar dan Kuansing masing-masingnya dua titik api, satu titik di Rohul, 16 lainnya di Rohil, 32 titik api di Pelalawan, 17 titik di Inhu dan terbanyak di Inhil berjumlah 94 titik api.

Kabut asap Karhutla Kian Pekat.

Belum teratasinya Karhutla di Riau terus saja berdampak, salah satunya paparan kabut asap. Masih menurut data BMKG pada Rabu pagi dijabarkan, beberapa daerah di Riau terpantau diselimuti jerebu.

Itu antara lain Kabupaten Inhu, Pelalawan, Kota Dumai serta Kota Pekanbaru yang menjadi pusat pemerintahan Riau. Akibatnya, jarak pandang pun menurun dengan angka rata-rata satu hingga lima kilometer saja.



BACA JUGA : Menggila, 129 Titik Api Pagi Ini Bertebaran Di Riau

Pantauan Riau1.com di Pekanbaru, kabut asap pekat terasa sangat menyengat dan berbau. Bahkan gedung-gedung tinggi yang berada di Pekanbaru 'lenyap' akibat tertutup kabut asap.

Tak seperti normalnya, kabut asap pekat memperpendek jarak pandang di Kota Pekanbaru sehingga gedung tinggi tersebut tak tampak lagi, salah satunya menara gedung Bank Riau- Kepri yang terletak dibilangan Jalan Jenderal Sudirman.

Tampak pula warga, terutama pengguna jalan menggunakan masker untuk mencegah paparan asap yang dapat menimbulkan penyakit, salah satunya ISPA.


Informasi
Tlp +62 853 2000 4928
Email : info@riau1.com
(Sertakan data diri)
Loading...