18 Titik Panas Terpantau di Riau, Berikut Prakiraan Cuaca Hari Ini

18 Titik Panas Terpantau di Riau, Berikut Prakiraan Cuaca Hari Ini

21 Juli 2019
Kota Pekanbaru (Foto ilustrasi dok Riau1)

Kota Pekanbaru (Foto ilustrasi dok Riau1)

RIAU1.COM -Titik panas (Hotspot) di Provinsi Riau terpantau masih ada. Pengamatan citra satelit pada Minggu 21 Juli 2019 pagi, ada 18 hotspot yang tersebar didelapan kabupaten.

18 titik panas ini berlevel confidence di atas 50 persen. Paling banyak berada di Kabupaten Pelalawan berjumlah enam hotspot dan Bengkalis lima hotspot.

Hotspot lainnya terpantau di Kabupaten Kepulauan Meranti, Kampar, Kuansing, Rohil dan Siak masing-masingnya satu titik panas. Terakhir di Inhil berjumlah dua hotspot.

Data yang diperoleh dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), dari 18 titik panas tersebut, enam spot diantaranya berlevel confidence (Tingkat kepercayaan, red) di atas 70 persen, atau merupakan titik api (firespot).

Sebaran titik api tersebut antara lain di Bengkalis, Kuansing, Inhil, Rohil, Siak dan Pelalawan dengan masing-masingnya satu titik api, di mana berkemungkinan muncul karena adanya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Sementara untuk prakiraan cuaca, Provinsi Riau pada umumnya akan cerah - berawan pada Hari Minggu ini. Potensi hujan dapat terjadi dengan intensitas ringan hingga sedang, yang dapat disertai dengan petir dan angin kencang terjadi disebagian wilayah Riau.

Kondisi tersebut diprakirakan terjadi pada Minggu malam, dengan wilayah antara lain Indragiri Hulu. Sedangkan hujan ringan yang bersifat tidak merata terjadi disebagian wilayah Kota Pekanbaru, Rokan Hulu, Rokan Hilir, Kampar, Kuantan Singingi, Siak, Bengkalis, Pelalawan, dan Kepulauan Meranti.