Kembangkan Desa Peduli Gambut di Riau, BRG Lakukan MoU dengan Chevron

Kembangkan Desa Peduli Gambut di Riau, BRG Lakukan MoU dengan Chevron

11 Juli 2019
Deputi Edukasi, Sosialisasi, Partisipasi dan Kemitraan BRG, Myrna A Safitri bersama General Manager PGPA PT CPI, Sukamto Thamrin (foto: dok/riau24group)

Deputi Edukasi, Sosialisasi, Partisipasi dan Kemitraan BRG, Myrna A Safitri bersama General Manager PGPA PT CPI, Sukamto Thamrin (foto: dok/riau24group)

RIAU1.COM - ?Badan Restorasi Gambut (BRG) melakukan penandatanganan nota kesepahaman dengan PT Chevron Pacific Indonesia (CPI) untuk kerjasama edukasi restorasi  gambut.

Penandatanganan MoU yang berlangsung di Novotel Pekanbaru, Kamis 11 Juli 2019 ini, dilakukan khususnya dalam pengembangan Desa Peduli Gambut (DPG), yang melingkupi 21 desa/kelurahan yang tersebar di lima kabupaten/kota di Riau.

"Kabupaten/kota yang akan menggagas Desa Peduli Gambut tersbeut, yakni Kabupaten Bengkalis, Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Kota Dumai, Kabupaten Siak dan Kabupaten Kampar," ujar Deputi Edukasi, Sosialisasi, Partisipasi dan Kemitraan BRG, Myrna A Safitri.

Myrna menuturkan, kedua belah pihak, BRG dan PT CPI akan bersinergi untuk mewujudkan restorasi ekosistem gambut di Bumi Lancang Kuning hingga rentang waktu 31 Desember 2020 mendatang.

"?Nota Kesepahaman ini merupakan wujud sinergi pemerintah dan perusahaan dalam upaya edukasi dan pendampingan masyarakat desa yang berada di area target restorasi gambut, dengan mendasarkan pada skema program DPG," tuturnya.

Myrna melanjutkan, ?program DPG dilaksanakan melalui skema pendanaan dari APBN, kerjasama dengan LSM dan pihak swasta. Sejauh ini sudah terdapat 363 desa/kelurahan yang didampingi di 7 provinsi prioritas restorasi gambut.

"?Kami menyadari bahwa restorasi gambut, khususnya penyiapan dan penguatan masyarakat memerlukan sinergitas semua pihak. BRG terbuka dengan kerjasama yang efektif dan berdampak langsung pada masyarakat," paparnya.

Sementara itu, Sekretaris Tim Restorasi Gambut Daerah (TRGD) Riau, Ervin Rizaldi menyatakan kesiapan pihaknya mendukung kerjasama antara BRG dengan PT CPI dalam upaya restorasi gambut di Riau.

"Kerjasama ini membuktikan, bahwa pihak pemerintah dan pihak swasta memiliki kepedulian yang sama besarnya terhadap kelestarian ekosistem gambut dan juga keberlangsungan hidup masarakat Riau," pungkasnya.