//riau1.com/

#riau

Tak Kenal Lelah, Hingga Dini Hari Tadi Petugas Masih Halau Gajah Liar Di Inhu

R1/azhar


Upaya penghalauan Gajah liar di Kecamatan Peranap, Kabupaten Indragiri Hulu, Riau (Foto: Istimewa/BBKSDA Riau) Upaya penghalauan Gajah liar di Kecamatan Peranap, Kabupaten Indragiri Hulu, Riau (Foto: Istimewa/BBKSDA Riau)

RIAU1.COM -Tim penghalau yang menggunakan bantuan gajah latih dari Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau hingga dini hari tadi masih berjibaku menggiring kawanan gajah liar yang masuk ke perkebunan kelapa sawit milik warga di Kecamatan Peranap, Kabupaten Indragiri Hulu, Riau, Minggu, 16 Juni 2019.

Upaya penghalauan ini mereka mulai Sabtu, 15 Juni 2019 silam dengan kondisi hujan. Kepala Bidang KSDA Wilayah II, Heru Sutmantoro mengatakan area sisi selatan perkebunan menjadi pilihan yang tepat karena areanya cukup memudahkan kerja petugas selama berada di lapangan.

"Kami bersama masyarakat secara perlahan-lahan bergerak menghalau dari sisi selatan posisi gajah liar yang telah berkumpul bersama gajah latih. Gajah liar mulai bergerak kearah utara menuju Hutan Tanaman Industri milik PT. RI berhubung dengan Taman Nasional Tesso Nilo (TNTN)," sebutnya.

Selain melakukan penghalauan, petugas juga melakukan pemblokiran jalan agar kawan gajah dapat pergi dari perkebunan kelapa sawit.



BACA JUGA : Begini Cara Mudah Bedakan Lelang Resmi Dengan Penipuan



BACA JUGA : Agar Bangsa Ini Terhindar dari Perpecahan, Sebaiknya P4 Diajarkan Kembali

Upaya penghalauan mereka lakukan menggunakan metode sergap halau dengan formasi satu baris, dua gajah latih berada di tengah sedangkan petugas berada di sayap kiri sebanyak 12 orang dan 30 orang pada sayap kanan gajah latih. Formasi ini dilakukan dengan cara menyisir secara bersamaan.

Sebelumnya, Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau menyiapkan Indro, gajah terlatih untuk menghalau kawanan gajah liar yang melahap perkebunan kelapa sawit milik warga di Kecamatan Peranap, Kabupaten Indragiri Hulu, Riau, Selasa, 11 Juni 2019 silam.

Kepala BBKSDA Riau, Suharyono mengatakan keterlibatan Indro akan sangat membantu lantaran bukan pertama kali dirinya disiapkan untuk menghalau gajah-gajah liar.


Informasi
Tlp +62 853 2000 4928
Email : info@riau1.com
(Sertakan data diri)