Antisipasi Longsor saat Mudik, Alat Berat Disiagakan di Jalur Lintas Barat Hubungkan Riau - Sumbar

Antisipasi Longsor saat Mudik, Alat Berat Disiagakan di Jalur Lintas Barat Hubungkan Riau - Sumbar

21 Mei 2019
Foto hanya ilustrasi, sumber TEMPO/Aditya Herlambang

Foto hanya ilustrasi, sumber TEMPO/Aditya Herlambang

RIAU1.COM -Alat berat hingga truk pengangkut material, akan disiagakan dititik rawan longsor sepanjang jalur lintas barat yang menghubungkan Provinsi Riau dengan Sumatera Barat (Sumbar).

Hal itu guna mengantisipasi adanya bencana longsor, saat mudik lebaran Idul Fitri 2019 nanti. Alat berat ini nanti difungsikan untuk membersihkan material longsor yang menutup jalan, sehingga tidak menganggu aktivitas mudik.

Jalur lintas barat ini memang selalu jadi favorit masyarakat di Riau, menghabiskan libur panjang Idul Fitri. Sebagian warga pulang kampung (Mudik), atau sekedar jalan-jalan menghabiskan masa liburan.

Jalur lintas barat jadi atensi kita, di sana biasanya dipadati kendaraan saat mudik," kata Wakapolda Riau Brigjen Wahyu Widada M.Phil berbincang dengan Riau1.com pada Selasa 21 Mei 2019 siang.

Loading...

Pengecekan pun sudah dilakukan, terutama dititik rawan longsor dan ruas jalan yang dalam proses perbaikan. Bahkan pengecekan itu dilakukan langsunh oleh Kapolda Riau Irjen Widodo Eko Prihastopo, Selasa pagi bersama instansi terkait.

Selain itu, Polda Riau dan jajaran Polres juga mengoptimalkan pengamanan disepanjang jalur lintas barat, agar pemudik aman. "Kita juga pengamanan terhadap pelabuhan dan bandara," yakin dia.