Pagi Ini Satelit Deteksi 8 Titik Api di 3 Kecamatan di Provinsi Riau

Pagi Ini Satelit Deteksi 8 Titik Api di 3 Kecamatan di Provinsi Riau

23 Maret 2019
Karhutla yang terjadi di Riau beberapa tahun lalu (Dok:Satgas)

Karhutla yang terjadi di Riau beberapa tahun lalu (Dok:Satgas)

RIAU1.COM -Hujan yang terjadi disejumlah daerah di Provinsi Riau dalam beberapa hari ini, turut membantu meminimalisir titik api akibat Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla). Disamping itu, upaya pemadaman terus dilakukan oleh Satgas darat dan udara.

Bila dibanding beberapa hari lalu, jumlah titik panas (Hotspot) di Riau sudah jauh alami penurunan, di mana sempat mencapao ratusan titik. Pada pantauam citra satelit, Sabtu 23 Maret 2019 pagi, titik panas hanya 11.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru merilis, 11 titik panas ini berlevel confidence di atas 50 persen, dengan sebarannya di empat kabupaten.

Kabupaten tersebut antara lain Siak dan Inhil dengan masing-masing titik panasnya berjumlah dua hotspot, tiga titik panas di Kabupaten Pelalawan dan empat titik panas lainnya di Kepulauan Meranti.

Loading...

Dari jumlah tersebut, delapan titik diantaranya merupakan titik api (Firespot) denfan level confidencenya sudah di atas 70 persen. Pemicu titik api muncul, salah satunya akibat Karhutla.

Penyebaran delapan titik api ini terdapat di Kecamatan Mandah Kabupaten Inhil sebanyak dua titik api. Kemudian di Kuala Kampar dan Bunut berjumlah dua titik api serta empat titik api di Tebing Tinggi Kabupaten Kepulauan Meranti.